Kuantitas Mahasiswa Naik, FEB Penataan Ulang Ruang

0
252

UMS, Pabelan-Online.com – Peningkatan kuota mahasiswa baru berdampak pada jumlah kelas yang dibutuhkan. Hal inilah yang menyebabkan penataan ulang ruang yang ada, salah satunya Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Ruang Organisasi Mahasiswa (Ormawa) direlokasi ke Eks Musala Kampus II.

Kesekretariatan Ormawa FEB seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas, Himpunan Mahasiswa Akutansi (Himatansi), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Komisariat Moh.Hatta, dan Ormawa FEB lainnya yang sebelumnya bertempat di gedung FEB, saat ini pindah ke bangunan yang awalnya musala berada di kampus II. Antara ormawa satu dengan yang lainnya hanya dibatasi sekat.

Sebelum relokasi, pihak Dekan FEB mengadakan sosialisasi terkait adanya relokasi, sekaligus menyerahkan layout bangunan dan ruang untuk penataan ulang tempat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan ormawa FEB. Proses relokasi berjalan sekitar satu bulan semenjak mahasiswa baru masuk, sampai sekarang.

Atwal Arifin selaku Wakil Dekan (WD) III mengungkapkan dilakukannya relokasi ini berkaitan dengan kebutuhan ruang untuk belajar mahasiswa baru, dikarenakan untuk tahun ini jumlah mahasiswa baru melebihi kapasitas. Dari tahun sebelumnya yang hanya 1200 mahasiswa, tahun ini meningkat menjadi 1500 mahasiswa.

Arifin mengatakan Relokasi ruang bukan dari keputusan sepihak saja, akan tetapi dari pihak dekanat pun sudah mengadakan beberapa kali dialog. “Kami memaklumi jika ada dari mahasiswa yang kurang terima atau keberatan untuk pindah karena sudah nyaman dan mapan di tempat yang lama dan ditambah lagi untuk yang sekarang dari segi fasilitas masih sangatlah kurang,” Ucap Arifin, Kamis (4/10/2018).

Salah satu sekretaris bidang BEM FEB, Anggun menuturkan ruang ormawa yang awalnya terpisah  dan lebih leluasa, sekarang menjadi satu atap. Ia merasa sumpek dan panas, ditambah bisingnya suara dari UKM lain. “Positifnya kita jadi bisa saling kenal dengan aktivis ukm FEB yang lain,” jelas Anggun, Selasa (2/10/2018).

 

Reporter           : Mg_Dhea, Mg_Ledit, Mg_Mustari

Editor               : Lia Lesmawati