Aerobo Teknik Elektro UMS Raih Juara 3 Nasional

0
108

UMS, pabelan-online.com – Tim Brahmadirga dari Komunitas Aerobo Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil meraih juara tiga sekaligus best pilot usai mengikuti perlombaan 3D Pattern Aeromodelling Technogine 2019 pada hari Kamis–Sabtu, 21–23 Februari 2019. Diselenggarakan oleh Telkom University Bandung, acara yang bertajuk “Slash The Sky With Your Innovation” ini diikuti 18 tim dari berbagai universitas di Indonesia.

Salah satu anggota tim Brahmadirga, Adi Viyo Nugroho menjelaskan, bahwa lomba 3D Aeromodelling tersebut merupakan ajang perlombaan nasional 2019 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Fisika (HMTF) Universitas Telkom Bandung. Perlombaan tersebut terselenggara di Aula Fit Universitas Telkom Bandung dengan tema “Slash The Sky With Your Innovation”. Acara perlombaan ini diikuti oleh 18 tim yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia.

Dalam perlombaan tersebut, kendala yang harus dihadapi peserta terbilang cukup berat. Pasalnya persiapannya sendiri membutuhkan waktu yang tidak sebentar, kurang lebih empat bulan lamanya. Untuk bisa merakit pesawat hingga selesai dibuat dan bisa terbang, pembagian tugas dalam tim tidak main-main. Seluruh anggota berperan dalam pembuatan pesawat dengan skill-nya masing-masing. ”Ada empat orang, yaitu Pungky Sasando Widora sebagai Pionir/Pilot, Mukhlis Khoirudin sebagai Co-Pilot, M. Irfan Izzudin sebagai Mekanik, dan saya sendiri Adi Viyo Nugroho juga sebagai Mekanik,” ucap Adi, Kamis (28/02/2019).

Disamping itu, panitia penyelenggara lomba juga memasang bermacam rintangan untuk menguji kecepatan dan kelancaran aerodinamika pada pesawat. Apabila lancar dan bagus maka akan mendapat penganugerahan, yakni sebagai juara. Selain itu, dalam sistem penilaiannya terdapat tambahan poin ketika pesawat mampu untuk take off (terbangred) dan landing (mendarat -red) dengan baik. Tak hanya penilaian dari segi model pesawat saja, bahkan kemampuan pilot juga masuk dalam poin nilai yang terpisah. Jadi yang dinilai tidak hanya manuver pesawat, tapi juga kemampuan melewati rintangan seperti obstacle.

Tiga dari anggota tim Brahmadirga, yaitu Punky Sasando Widora, Mukhlis Khoirudin, dan M. Irfan Izzudin mengungkapkan kesannya pada tim Pabelan Online setelah berhasil menggeser 15 tim lawan perlombaan 3D Aeromodelling untuk pertama kalinya. “Kami dapat mengalahkan tim dari universitas lain, itu cukup membanggakan. Untuk ke depannya, saat kami bisa menjadi lebih kuat dan kokoh, diharapkan mampu bersaing dengan juara bertahan dan mengalahkannya,” ujar ketiganya optimis, Rabu (27/02/2019).

Sementara itu, Ketua Komunitas Aerobo Teknik Elektro UMS, Muhammad Rodif menuturkan, biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan pesawat sendiri kurang lebih mencapai satu juta, belum termasuk perangkat lainnya yang harus disiapkan. ”Pihak yang men-support dana termasuk dari jurusan Teknik Elektro sendiri dan Komunitas Aerobo,” tutur Rodif, Kamis (28/02/2019).

 

Reporter         : Atika Hikmawati Anwar

Editor              : Rifqah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here