GO Kekasih LDMPM UMS: Persiapkan Diri Hadapi Kematian

0
85

UMS, pabelan-online.com – Acara Grand Opening Kegiatan Kajian Fiqih dan Siroh Shahabiyah (GO Kekasih) yang diadakan oleh Lembaga Dakwah Mahasiswa dan Pengabdian Masyarakat (LDM PM) ini bertempat di Masjid Sudalmiyah Rais, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Tepat pada 27 Februari 2019 lalu, LDM PM UMS resmi memulai Kekasih dengan mengangkat dua tema berbeda, serta menghadirkan dua ustadzah sebagai pembicara. Kegiatan yang rutin diadakan setiap hari Senin pada pukul 15.45 hingga 17.15 ini khusus untuk para mahasiswi UMS.

Pada acara Grand Opening-nya, LDM PM UMS mengangkat dua tema pembahasan berbeda, yakni ”Aku Dilamar Malaikat Maut” yang dibawakan oleh Ustadzah Fatimah Karismawati, dan  “Menjadi Wanita Pendobrak Peradaban” yang dibawakan oleh Ustadzah Melani.

Fatimah Karismawati, selaku pembicara pertama menyampaikan, bahwa kematian sesungguhnya merupakan sesuatu yang pasti menghampiri manusia dan tak akan ada yang mampu menolaknya. Tugas seorang mukmin yang cerdas adalah mempersiapkan sebaik mungkin apa yang perlu dibawa untuk kematian. “Tidaklah aku pernah melihat keyakinan yang lebih meyakinkan selain kematian. Namun sangat disayangkan, sedikit yang mau mempersiapkan diri menghadapinya. Sempatkah kita bertaubat? Allah itu Maha Menerima Taubat,” ujarnya, Rabu (27/02/2019).

Memasuki tema berikutnya, Melani sebagai pembicara kedua menuturkan, tidak ada yang paling mulia bagi wanita selain menjadi seorang ibu. Cerdas tidaknya seorang anak, sholeh tidaknya seorang anak, tergantung bagaimana didikan ibunya.

Melani juga mengatakan, bahwa cara wanita membangun peradaban bukanlah dengan menjadi wanita karier dan meninggalkan tanggung jawab sebagai seorang ibu. Namun, sebaik-baik membangun peradaban adalah menjadi wanita yang memiliki visi-misi yang kuat dalam mendidik anak.

“Siapa bilang, perempuan itu gak boleh sekolah tinggi? Justru dia yang nantinya akan menjadi sekolah pertama dan utama bagi anak-anaknya. Maka wanita harus pintar,” ucap Melani, Rabu (27/02/2019).

Salah satu peserta kajian, Nurul Eka Safitri, mahasiswa Ilmu Komunikasi UMS mengatakan, bahwa tema-tema yang dibahas dalam GO Kekasih cukup menarik. Ia menaruh perhatian lebih terhadap materi yang didapat dari tema kajian pertama. “Bagaimana cara kita mempersiapkan kematian sebelum malaikat maut datang menjemput. Itu yang paling berkesan,” ungkapnya, Rabu (27/02/2019).

Reporter         : Sukma Dwi Astuti

Editor             : Rifqah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here