Komunikasi yang Baik adalah Kunci

0
81

PLP I biasa disebut sebagai Magang I oleh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Mahasiswa FKIP pasti tak asing lagi dengan agenda ini. Yang mana kegiatan ini bersinggungan langsung dengan sekolah, seperti output yang diharapkan oleh FKIP, yakni melatih mahasiswa mempersiapkan dirinya menjadi guru.

Tak pelak, dalam pelaksanaannya pasti tidak selalu semulus yang diharapkan. Kendala yang datang sebagai suatu cobaan, mau tak mau harus dihadapi. Ambillah misal pada pelaksanaan PLP I FKIP di tahun ini. Sejumlah kendala seperti perbedaan waktu penyerahan kelompok magang satu dengan yang lain, kegiatan magang yang seakan kurang terstruktur, dan dilema antara soft file atau hard copy kah yang dikumpulkan, menjadi cermin keambiguan yang membingungkan.

Mengingat pentingnya agenda ini sebagai salah satu yang wajib diikuti mahasiswa FKIP, semestinya sudah ada briefing yang baik mengenai gambaran kegiatan ini ke depannya. Komunikasi yang baik dan sosialisasi menyeluruh dari FKIP pada mahasiswa magang, menjadi suatu hal yang tentu sangat dibutuhkan dalam mencapai kesuksesan penyelenggaraan.

Sebisa mungkin hal yang menjadi kendala ini, kelak dievaluasi dan dilakukan perbaikan nyata agar tak terjadi lagi sesuatu yang dapat membingungkan pihak tertentu. Dengan tak hanya menyalahkan satu pihak saja, tentu memerlukan kerjasama yang sinergis antara pihak bersangkutan. Evaluasi ini kelak akan menimbulkan pertanyaan, mau dibawa seperti apakah Magang II dan selanjutnya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here