Kuota Meningkat, Mahasiswa Makin Antusias Unggah PKM

0
174

UMS, pabelan-online.com – Kuota unggah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) untuk Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) meningkat hingga 39%. Antusias mahasiswa untuk mengunggah PKM pun melonjak, dilihat dari adanya kurang lebih 1400 proposal yang masuk ke sistem internal UMS.

Kepala Bagian Penalaran, Kreativitas, dan Softskill Kemahasiswaan, Ahmad Kholid Al Ghofari menuturkan, bahwa sebelumnya UMS hanya mendapat jatah pengunggahan proposal sejumlah 425 dari Dikti. Namun hal itu berubah sejak klaster kemahasiswaan UMS yang semula berada di klaster II naik kasta menjadi klaster I. Hal ini membawa dampak pada meningkatnya kuota pengunggahan PKM Lima (5) Bidang UMS. Sehingga, total proposal yang dapat diunggah ke Dikti tahun 2019 sebanyak 700 PKM.

Kholid pun menyebutkan, tahun 2017 lalu sejumlah 874 PKM Lima (5) Bidang terunggah ke sistem internal UMS untuk PKM; SIMPKM.  Di tahun 2018, UMS mendapati sejumlah 1400 PKM berhasil terdaftar di sistem internal. Ini membuktikan bahwa meningkatnya kuota unggah Dikti, berbanding lurus dengan peningkatan jumlah PKM yang diunggah mahasiswa ke SIMPKM. “Artinya dari sisi pengunggahan internal dan yang diunggah ke Dikti lebih banyak. Tentu kita berharap nanti yang didanai juga lebih banyak,” ungkap Kholid (27/02/2019).

 

Baca juga: Prodi Psikologi UMS Ungkap Alasan Batal Remedial

 

Pengunggah PKM terbanyak diraih oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 217, disusul Fakultas Teknik (FT) 110 PKM, kemudian Fakultas Kedokteran (FK) 103 PKM, Fakultas Farmasi (FF) 66 PKM, Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) 56 PKM, Fakultas Komunikasi dan Informatika (FKI) 31 PKM, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) 33 PKM, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) 17 PKM, Fakultas Agama Islam (FAI) 5 PKM, Fakultas Psikologi (FP) 5 PKM, Fakultas Geografi (FG) 3 PKM. “Beberapa fakultas memang ada yang masih terbatas jumlah pengunggahnya,” ujarnya.

Salah satu mahasiswa Fakultas Hukum, Wisnu Tri Nugroho menuturkan, bahwa ada banyak alasan yang melatarbelakangi mahasiswa untuk mengunggah PKM. Pertama, merupakan tuntutan dari fakultas supaya mahasiswa mampu menuangkan idenya ke sebuah PKM.

Selain itu, alasan mahasiswa mengunggah PKM adalah kehendak dari mahasiswa itu sendiri, untuk berusaha menghadirkan solusi pada masyarakat dalam pemecahan masalah. “Keikutsertaan mahasiswa di bidang literasi masih sedikit dan saya ingin melalui ajang unggah PKM ini, mahasiswa akan menjadi lebih aktif,  kreatif, dan kontributif bagi kebermanfaatan UMS ke depannya,” tutur Wisnu (28/02/2019).

 

Reporter         : Faizatul Maslahah

Editor             : Annisavira Pratiwi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here