Pelantikan Enam Ormawa FAI, LPPIK Paparkan Kepemimpinan

0
75

UMS, pabelan-online.com –  Abu Bakri Royani, Kepala Bidang Mentoring Lembaga Pengembangan Pondok, Al-Islam, dan Kemuhammadiyahan (LPPIK), menyampaikan materi kepemimpinan dalam prosesi pelantikan dan stadium general organisasi mahasiswa (Ormawa) Fakultas Agama Islam (FAI). Agenda yang diadakan di Ruang Seminar Lantai VII Gedung Induk Siti Walidah (GISW) tersebut diikuti oleh enam ormawa, Selasa (5/3/2019).

Dalam stadium general, Abu Bakri menjelaskan bahwa ada 3 tipe pemimpin. Pertama adalah pejuang, yaitu seorang yang berkorban untuk kepentingan orang banyak. Kedua adalah pekerja, yakni orang yang melakukan sesuatu sesuai bayaran yang akan diterima. Kemudian yang terakhir adalah penjahat, dimana seseorang mengorbankan banyak orang demi kepentingan pribadi. “Coba kita tanya, sekarang kita ini pemimpin yang seperti apa, itu tergantung anda masing-masing,” ucapnya ketika membawakan materi, Selasa (5/3/2019).

Abu Bakri juga memberikan nasihat berupa kriteria-kriteria pemimpin yang baik kepada hadirin, terutama pengurus ormawa yang baru saja dilantik. Ia menyebutkan, pemimpin yang baik di antaranya yaitu pemimpin yang memiliki pribadi magnetis, pendengar, bersikap ramah, dan mencintai diri sendiri.

Pelantikan diikuti oleh enam ormawa, yaitu Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) (21), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) (29), Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) (58), HMP Ilmu Alquran dan Tafsir (IQT) (67), HMP Hukum Ekonomi Syariah (HES) (52), dan Lembaga Pers Mahasiswa Fakultas (LPM-F) Islamika (41).

Baca juga: Aplikasi STAR Berbasis Android, Solusi Galat Server Down

 

Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) FAI yang juga menjabat ketua panitia, Zul Fadhli Al-Amin menyatakan bahwa jumlah pengurus ormawa FAI di tahun 2019 mengalami peningkatan dibanding dengan tahun 2018. Hal ini disebabkan karena antusiasme mahasiswa untuk mendaftar pada tahun ini semakin meningkat. “HMP IQT dulu kalau gak salah 20 orang tapi alhamdulillah sekarang sudah 60-an, kemudian juga DPM dulu cuma 13 orang, sekarang 21 orang,” jelasnya, Selasa (5/3/2019).

Zul juga berharap pengurus ormawa yang telah dilantik tidak sekadar bekerja individual, namun mampu bekerja sama untuk membangun ormawa FAI. “Harapan kita bisa membangun komunikasi antara HMP dan BEM untuk keberlangsungan ormawa FAI,” tuturnya.

 

Reporter        : Sukma Dwi Astuti

Editor            : Afitasari Mulyafi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here