Hendaki Pembentukan BEM-U, Kemahasiswaan Undang Ormawa Rapat Koordinasi

0
312

UMS, pabelan-online.com – Kemahasiswaan mengundang UKM, BEM-F, DPM-F, juga Korkom IMM untuk rapat koordinasi perumusan pembentukan Student Government.

Rapat koordinasi perumusan pembentukan Student Government yang diselenggarakan oleh kemahasiswaan, menempati Auditorium Djazman kampus satu Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Senin (01/04/2019). Acara tersebut dihadiri oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas, Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas, juga Koordinator Komisariat (Korkom) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM).

Suryadi, selaku Kepala Bagian Minat, Bakat, dan Beasiswa, menyampaikan pengantar perlunya BEM Universitas (BEM-U) segera dibentuk. Hal itu dirasa sangat urgent (penting-red), mengingat sebentar lagi penyambutan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dimulai. “Yang jelas, intinya kami dari kemahasiswaan dan Wakil Rektor III kalau bisa segera ada BEM-U,” jelasnya, Senin (01/04/2019).

Dalam rapat koordinasi itu, sepenuhnya diserahkan kepada peserta rapat. Baik dalam pembentukan panitia maupun mekanisme pembentukan BEM-U kedepan.

Suryadi mengungkapkan, hal ini penting dilakukan agar organisasi mahasiswa (Ormawa) maupun UKM bisa menyatu dan terarah. Selain itu, tidak berjalan sendiri-sendiri, meskipun dalam teknisnya nanti bisa menjalankan kegiatannya sendiri. “Tapi apakah perguruan tinggi segede ini tidak ada BEM-U, padahal acara dari universitas seringkali melibatkan BEM-U,” tuturnya.

Baca JugaRektor Pecat Pengurus Persma Suara USU, Begini Tanggapan PPMI Solo

Acara rapat dipimpin oleh masing-masing perwakilan dari BEM-F, DPM-F, UKM, dan Korkom IMM. Selaku Gubernur BEM Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMS, Hanif Fakhruddin, menyatakan bahwa tahun kemarin adalah tahun yang bisa dianggap kelam, sebab tidak adanya perangkat-perangkat yang seharusnya ada di kampus.

Sebagai salah satu yang memimpin jalannya forum, Hanif mengatakan, kekosongan BEM-U menandakan tidak ada yang bisa menjadi pengontrol dan pengawal mahasiswa. “Mereka mampu memberikan pengawalan, baik pengawalan bagi kita Ormawa maupun pengawalan untuk kampus sendiri,” jelas Hanif, Senin (01/04/2019).

Rapat koordinasi selanjutnya akan diadakan untuk membahas kelanjutan terkait penyelenggaraan kongres dan masih difasilitasi oleh kemahasiswaan. Setiap UKM maupun Ormawa diminta untuk mengirimkan perwakilan anggotanya untuk mengikuti rapat koordinasi selanjutnya.

Reporter         : Yusuf Apriyanto

Editor             : Annisavira Pratiwi