Diisukan Kebobolan Soal, BAA Klaim Sistem PMB Aman

0
105

UMS, pabelan-online.com – Terkait isu yang beredar perihal pembobolan soal tes seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), UMS lebih perketat keamanan, khususnya dalam sistem Teknologi Informasi (TI). Berbagai antisipasi dilakukan untuk mencegah adanya pembobolan.

Triyono, yang menjabat sebagai Ketua Biro Administrasi Akademik (BAA) mengungkapkan, bahwa pihaknya tengah mempersiapkan beberapa langkah antisipasi adanya kecurangan.

Mulai dari keamanan sistem ODS (One Day Service) yang dilakukan dengan ketat, yakni pemeriksaan barang bawaan menggunakan alat metal detector (pendeteksi logam – red) saat akan memasuki ruang tes. Pada saat tes berlangsung, beberapa kamera CCTV  turut ditempatkan di sisi ruangan dan dilakukan pengawasan penuh oleh panitia ODS.

Triyono memastikan, keamanan dalam sistem TI selalu dikembangkan dan diperbaiki, guna mencegah adanya pembobolan soal tes ujian. Sistem TI UMS sendiri menggunakan sistem jumper (penghubung -red) yang memastikan agar sistem TI UMS tidak dapat diakses oleh orang lain.

Baca Juga: Mahasiswa Beraspirasi, Respon Dosen Kurang Memuaskan

“Saya pastikan, bahwa sistem seleksi itu aman, karena disini memakai jaringan lokal semua,” jelas pria yang juga merupakan dosen Magister Akuntansi ini, Rabu (20/03/2019). Beruntung, hingga saat ini belum didapati aksi kecurangan yang dilakukan peserta ODS.

Mu’adz, Wakil Ketua Panitia ODS memaparkan, jika terdapat peserta PMB yang terbukti melakukan kecurangan dalam seleksi tes, dipastikan tidak akan lolos dan gagal menjadi mahasiswa baru UMS. Terkait pembayaran, tidak akan ada pengembalian biaya registrasi yang telah disetorkan oleh peserta tersebut.

Tidak sampai disitu, Mu’adz juga menegaskan, bahwa akan menindaklanjuti hal tersebut hingga ke jalur hukum. “Bahkan saat kepengurusan staff panitia ODS sebelum saya dulu, ada yang dibawa ke pihak yang berwajib,” ujarnya tegas, perihal pembobolan yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya, Selasa (19/03/2019).

 

Reporter  : Alvanza Adikara Jagaddhita dan Munasifah Rahmawati

Editor       : Rifqah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here