Ikuti Asphalt Concrete Competition, Tim Al Buruj Teknik Sipil UMS Raih Juara 2

0
217

UMS, pabelan-online.com Pada Kompetisi Asphalt Concrete Competition (ACC) D’Village, tiga perwakilan mahasiswa Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Tim Al Buruj, memilih kategori lomba Lapisan Aspal Beton plus limbah plastik jenis PET dan sukses membawa pulang juara II.

Aryo Laksmana Tibrata, Ketua Umum KMTS, diberitahu adanya lomba aspal pertama kali oleh dosen pembimbing. “Jadi ada dosen pembimbing menginfokan lomba tersebut. Namun, banyak mahasiswa mengikuti kompetisi lain jadi hanya terbentuk satu tim,” ujarnya pada tim Pabelan Online, Selasa (02/04/2019).

Awal mula, Keluarga Mahasiswa Teknik Sipil (KMTS) membentuk perwakilan yang terdiri dari dua alumni pengurus KMTS dan satu mahasiswa Teknik Sipil. Perwakilan ini kemudian dinamai tim Al Buruj untuk berkompetisi dengan 15 tim dari berbagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) maupun Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Ada dua kategori lomba, yakni lomba Lapisan Aspal Beton (laston AC WC) dan lomba Lapisan Aspal Beton (laston AC WC) ditambah limbah plastik jenis Polyethylene Terephthalate (PET).

Baca Juga Sempat Kesulitan, Mahasiswi FEB Akhirnya Bawa Pulang Juara

Salah satu peserta lomba ACC, Arif menuturkan, kendala yang amat ia rasakan adalah saat mengirim benda uji ke ITS. Benda uji dan proposal dikirim melalui paket. Namun ketika sudah sampai, mereka tak tahu benda uji yang telah dikirim apakah masih dalam kondisi sama atau tidak untuk diujikan disana.

Sementara itu, alat-alat disana lebih canggih dari yang biasa digunakan di kampus, jadi harus menyesuaikan terlebih dahulu. “Kami membuat campuran aspal dan ditambah dengan plastik, lalu diolah dan didesain sebaik mungkin hingga menjadi yang diinginkan sesuai kriteria lomba,” tuturnya, Selasa (02/04/2019).

Meskipun begitu, akhirnya Tim Al Buruj sukses mengharumkan nama UMS dengan gelar juara II kategori Laston + PET di ajang perlombaan Asphalt Concrete Competition D’Village yang diselenggarakan oleh ITS (Institut Teknologi Sepuluh November), Surabaya.

Reporter           :Cindi Ameliayana Wulandari, Mg_Mifta

Editor               : Faizatul Maslahah