UMS Tingkatkan Jumlah Guru Besar Lewat Program Akselerasi

0
216

UMS, pabelan-online.com – Kini UMS tengah menjalankan program akselerasi guru besar dengan memberangkatkan calon-calon guru besarnya  mengikuti workshop kepenulisan jurnal di Malaysia.

Salah satu upaya dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yaitu akselerasi guru besar, menurut Muhammad Da’i selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik. Calon-calon Guru Besar UMS dikirimkan ke Malaysia untuk mendapatkan pendampingan dan pelatihan selama empat hari, Kamis-Minggu, 18-22 April 2019.

Da’i berasumsi, semakin banyak guru besar maka semakin meningkat pula karya-karya produktifnya. “Sehingga UMS dapat menjadi pemberi arah perubahan,” ujarnya, Kamis (25/04/2019).

Mutalazimah, salah satu calon Guru Besar UMS memaparkan, program akselerasi guru besar berawal dari kunjungan Rektor UMS ke 12 fakultas dalam rangka peningkatan sumber daya manusia dan jabatan fungsional.

Baca Juga Hendaki Pembentukan BEM-U, Kemahasiswaan Undang Ormawa Rapat Koordinasi

Sebagai tindak lanjut, calon guru besar diharuskan mengikuti kegiatan Journal Writing Workshop (Workshop Menulis Jurnal-red) di Universitas Putra Malaysia (UPM).  Adanya workshop bertujuan memberi kesadaran tentang pentingnya penerbitan jurnal yang berkualitas, serta meningkatkan keterampilan menulis dan menerbitkan jurnal yang baik.

“Mobilitas institusi pendidikan berdasarkan pada pangkat dosen. Sehingga, jumlah guru besar yang makin banyak di UMS turut memberi pengaruh yang baik terhadap akreditasi universitas,” ujar wanita yang juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UMS.

Mutalazimah menganggap dukungan dari UMS amat berpengaruh terhadap semangat para calon guru besar. Dirinya merasa dengan adanya asisten yang disediakan UMS sangat membantu untuk memilah berkas ajuan guru besar.

 

Reporter         : Faizatul Maslahah

Editor              : Annisavira Pratiwi