BTI UMS Sebut Sejumlah Faktor Dibalik Putusnya Jaringan Wifi

0
154

UMS, pabelan-online.com Tanggal 1 April 2019, jaringan wifi (Wireless Fidelity) di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), khususnya kampus satu dan dua mengalami gangguan serempak.  Staf divisi Jaringan BTI UMS mengklarifikasi beberapa faktor dibalik kejadian ini.

Sapta Hary Surya Wibowo, salah satu staf divisi Jaringan Biro Teknologi Informasi menerangkan, putusnya jaringan wifi pada hari Senin, 1 April 2019 disebabkan oleh beberapa faktor.

Ia menceritakan, pada hari itu BTI sedang melakukan pembaruan perangkat jaringan wifi di sekitar kampus satu dan dua, sehingga wifi tak memiliki koneksi internet. Bahkan putusnya jaringan wifi di UMS seringkali didukung oleh faktor lainnya, yaitu cuaca yang tak bersahabat.

“Saat hujan lebat, itu sering membuat wifi di UMS error (gangguan-red),” ujarnya, Rabu (24/04/2019).

Sapta kemudian bercerita, beberapa fakultas di UMS ada yang memasang jaringan wifi sendiri. Hal itu ternyata ikut memicu sering terjadinya error pada jaringan wifi UMS.

Baca Juga: Fakultas Farmasi UMS Sikapi Moratorium

“Kabel-kabel yang telah dipasang untuk perangkat wifi UMS, seringkali terganggu oleh adanya kabel dari perangkat lain,” terangnya.

Sapta menambahkan, untuk saat ini jaringan wifi sekitar UMS lebih dipusatkan pada kestabilan jaringan tes Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), mengingat sistemnya masih one day service dan berbasis komputer.

Salah satu mahasiswi Fakultas Hukum UMS, Wury Fatima, turut merasakan dampak dari putusnya jaringan wifi pada hari Senin, 1 April 2019. “Hari itu smartphone tetap bisa tersambung wifi, tapi tidak bisa dipakai untuk apapun,” tuturnya, Kamis (25/04/2019). Namun ia mengaku, hal itu kerap kali terjadi, bukan hanya hari itu saja.

 

Reporter       : Alvanza Adikara Jagaddhita

Editor             : Annisavira Pratiwi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here