Adakan PPKM, HMP PKn Ingin Kembangkan Kreativitas Mahasiswa

0
139

UMS, pabelan-online.com – Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Pendidikan dan Kewarganegaraan (PKn) adakan Pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa (PPKM) bertajuk “Mengembangkan Karakter Mahasiswa yang Kreatif, Inovatif, dan Produktif”.

Pelatihan bertempat di ruang Seminar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Ardha Willy Khusuma, selaku panitia acara menjelaskan bahwa tujuan pelatihan ini tidak lain ialah untuk menumbuh kembangkan kreativitas mahasiswa, serta meneruskan program tahunan yang diadakan HMP PKn.

Untuk tahun ini, HMP mengkhususkan pada pengenalan program studi (prodi) PKn dan khusus untuk mata kuliah lanjut mahasiswa semester tiga PKn.

“Namun tak hanya prodi PKn saja, mahasiswa prodi lain juga boleh mengikuti,” ungkap Ardha ramah, Kamis (02/05/2019).

Nuraini Fatimah, pemateri pertama menuturkan, PPKM ini sebagai wadah untuk kreativitas mahasiswa serta menggali ide-ide baru mahasiswa ketika pembuatan proposal.

“Mahasiswa dituntut harus jeli, serta tau pedoman pembuatan proposal yang baik dan benar,” tuturnya pada audience, Kamis (02/05/2019).

Pemateri kedua, Hidayah Adihaningrum mengatakan bahwa ide untuk memulai kreativitas dan membuat proposal bisa muncul dari mana saja, bahkan dari kreativitas yang sudah ada lalu dikembangkan lagi.

Baca Juga Akomodasi Pendaftar Luar Kota, ODS Kenalkan Tes Lab

“Kita bisa lihat permasalahan yang ada di sekitar kita dulu, lalu bisa membuat suatu kreativitas atau inovasi baru,” ungkapnya, Kamis (02/05/2019).

Novita Ira Santika, salah satu peserta PPKM, mengaku dengan adanya pelatihan seperti ini akan sangat membantu mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Menurutnya, banyak mahasiswa tertarik ingin membuat suatu karya namun terbatas oleh pengetahuan tentang prosedur proposal PKM. Ia sendiri tertarik ketika mengetahui ada  pelatihan PPKM.

“Saya sangat tertarik, ingin menunjukkan kreativitas saya, serta ingin mengetahui bagaimana caranya membuat proposal yang baik dan benar,” ujar Ira antusias, Kamis (02/05/2019).

Peserta yang kerap disapa Ira ini berharap, semoga prodi atau fakultas lain bisa mengadakan PPKM juga.

Reporter: Cindi Ameliayana Wulandari

Editor     : Rifqah