UMS Saring Calon Mahasiswa Baru Melalui SBMPTMu

0
157

UMS, pabelan-online.com – Beberapa Perguruan Tinggi Muhammadiyah membuka pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah (SBMPTMu). Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) telah memasuki tahun kedua menyelenggarakan SBMPTMu sebagai sistem seleksi calon mahasiswanya.

Saat ini SBMPTMu diikuti oleh 67 Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah (PTMA) yang ada di seluruh Indonesia. Bila tahun lalu hanya diselenggarakan khusus untuk Fakultas Kedokteran (FK), kini SBMPTMu bisa dipilih untuk semua fakultas.

Pendaftaran SBMPTMu bisa dilakukan secara online, mulai dari tanggal 29 April 2019 sampai 3 Juli 2019. Dalam seleksi kali ini dibedakan menjadi dua, untuk program studi kedokteran atau non kedokteran.

Seleksi kedokteran umum dan kedokteran gigi dilaksanakan pada 7 Juli 2019 dan akan diumumkan pada 11 Juli 2019. Sedangkan untuk program studi (prodi) non kedokteran, seleksi akan diadakan pada 21 Juli 2019 dan diumumkan pada 25 Juli 2019 mendatang. Proses seleksi SBMPTMu, baik program kedokteran maupun non kedokteran akan menggunakan sistem Computer Based Test (CBT).

Baca Juga : Harga Pagu Melonjak, BAU Tak Bisa Pastikan Kapan Sarpras Akan Dicairkan

Namun, Muhammad Da’i yang menjabat sebagai Wakil Rektor (WR) Bidang Akademik menyebutkan, bahwa dalam SBMPTMu kali ini diterapkan batas kuota calon mahasiswa yang diterima, mengingat SBMPTMu sendiri merupakan seleksi Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia.

“Seleksi ini hanya memakan kuota masing-masing prodi itu sepuluh calon mahasiswa,” paparnya pada tim Pabelan Online, Jumat (03/05/2019).

Da’i berujar, meskipun UMS menggunakan SBMPTMu, secara masif sistem penjaringan mahasiswa baru masih akan tetap menerapkan sistem One Day Service (ODS) sebagai sistem internalnya.

Triyono, Ketua Biro Administrasi Akademik (BAA) menjelaskan, bahwa SBMPTMu ini memfasilitasi calon mahasiswa yang ada di seluruh Indonesia. Sehingga diharapkan akan lebih mempermudah prosesnya, terkhusus untuk calon mahasiswa yang berada diluar Jawa.

“Mereka bisa mengikuti seleksi dengan cara mengikuti tes SBMPTMu secara online, dan tinggal memilih prodi dan universitas yang akan dituju,” tukas Triyono, Jum’at (03/05/2019).

Reporter : Munasifah Rahmawati

Editor      : Rifqah