Tanggapan Mahasiswa UMS Terhadap Isu Politisasi Kampus

0
161

Penyelenggaraan pesta demokrasi telah usai. Dunia kampus tak luput dari huru-hara polemik Pemilu 2019. Sempat dilakukan beberapa aksi mahasiswa untuk menjaga netralitas kampus, contohnya ada Aliansi Mahasiswa Bergerak (Marak) yang melakukan aksi penolakan politisasi kampus.

Apa itu Politisasi Kampus? Politisasi Kampus adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh para petinggi partai, kader-kader partai, dan pihak lain yang mempunyai kepentingan untuk menciptakan suasana tertentu yang masih berada di dalam ruang lingkup politik untuk mendapatkan keuntungan atau dukungan, dan kegiatan tersebut dilakukan di dalam wilayah kampus/universitas.

Merujuk pada Pasal 86 Ayat 1 Poin H Undang-Undang (UU) Nomor 8 Tahun 2012  menyebutkan bahwa pelaksana, peserta, dan petugas kampanye pemilu dilarang menggunakan fasilitas pemerintah, tempat ibadah, dan tempat pendidikan. Maka kampus sebagai tempat memperoleh pendidikan mestinya steril dari hal-hal yang berkaitan dengan kampanye pemilu.

Beberapa waktu lalu, Manajer Penelitian LPM Pabelan telah membuat riset berjudul “Politisasi Kampus pada Pemilu 2019”. Instrumen dalam penelitian ini yaitu kuesioner. Sampel diambil dari 34 program studi (Prodi) dan setiap prodi diambil lima (5) mahasiswa yang dipilih secara acak dengan kriteria maksimal semester VI. Responden dalam penelitian ini berjumlah 170 mahasiswa dan berikut merupakan hasilnya.

 

Dosen secara tidak langsung menjadi salah satu pelaku politisasi kampus. Hasil penelitian menunjukkan 47% responden mengaku pernah berada dalam suatu pembicaraan dengan dosen, baik secara langsung maupun tidak langsung mengenai Pemilu 2019. Pembicaraan tersebut 80% terjadi di dalam kelas.

Ruang kelas seolah menjadi tempat diskusi terbuka antara dosen dengan mahasiswa. Sebanyak 57% responden menunjukkan bahwa dosen pernah membicarakan Pemilu 2019 ketika perkuliahan berlangsung. Namun, hanya 34% responden yang terlibat dalam pembicaraan dengan dosen untuk memihak salah satu paslon.

 

Manajer Penelitian

Departemen Penelitian dan Pengembangan LPM Pabelan 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here