Peduli Kesehatan Masyarakat, Mahasiswa FK UMS Adakan Cek Kesehatan

0
67

UMS, Pabelan-online.com – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Forum Studi Ilmu Kedokteran Islam (FSIKI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengadakan cek kesehatan dokter muslim di Car Free Day (CFD) Slamet Riyadi Solo, Minggu (12/05/2019). Acara ini ditujukan kepada masyarakat umum yang ingin mengecek kesehatan secara gratis.

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Forum Studi Ilmu Kedokteran (FSIKI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) rutin mengadakan cek kesehatan dokter muslim setiap minggunya. Acara ini bertempat di Car Free Day (CFD) Slamet Riyadi Solo, tepatnya di depan Gramedia Surakarta. Cek kesehatan ini dibuka untuk masyarakat umum, dari jam 6 sampai dengan jam 9 pagi.

Biasanya, dari tahun ke tahun acara cek kesehatan ini selalu libur ketika bulan Ramadan. Tapi tahun ini berbeda, acara justru diadakan ketika bulan Ramadan.

“Karena kita rasa ketika bulan Ramadan justru makanan banyak yang bermunculan, maka kita harus lebih waspada terhadap metabolisme tubuh,” tutur Zaid Ziyaadatulhuda, selaku Gubernur Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran (FK) UMS, Kamis (09/05/2019).

Baca Juga Mahasiswa IQT Raih Juara Harapan III Kompetisi Alquran Nasional

Selain meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Mahasiswa Program Studi (Prodi)  Kedokteran dalam acara dokter muslim ini tidak memungut biaya sama sekali. Masyarakat bisa memeriksa tensi darah, kadar kolesterol, dan kadar gula. “Pun apabila ditemukan masalah kesehatan dalam diri pasien, maka pasien akan dianjurkan untuk pemeriksaan lebih lanjut,” tukas mahasiswa yang biasa dipanggil Zaid ini.

Cek kesehatan yang diinisiasi oleh mahasiswa FK UMS ternyata mendapat sambutan baik oleh masyarakat umum, khususnya masyarakat Solo. Acara ini menjadi alternatif bagi masyarakat Solo yang tidak mempunyai waktu luang untuk memeriksa kesehatan.

 

“Acara semacam ini sangat bermanfaat untuk masyarakat, dan juga untuk mahasiswa kedokteran itu sendiri, bisa melihat dan mengukur sampai mana kemampuan mereka,” tutur Nisful Laili, salah satu mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Informatika (FKI), Kamis (09/05/2019).

Reporter: Meliana Diah Pertiwi

Editor: Dian Aulia Citra Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here