WR I UMS: UTS Cepat Rampung, Boleh Kuliah Aktif Lebih Dulu

0
150

UMS, Pabelan-online.com – Perbedaan masa aktif perkuliahan setelah pelaksanaan ujian tengah semester (UTS) terjadi karena ketersediaan ruang ujian di tiap fakultas.

UTS biasa dilakukan selama dua minggu, tetapi pada tahun ini memakan waktu lebih karena terhalang hari libur pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) presiden.

Selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik, Muhammad Da’i menuturkan bahwa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengalokasikan jadwal UTS berjalan selama dua minggu. Jadwal tersebut ternyata tidak sesuai dengan yang direncanakan, karena libur pemilu selama tiga hari.

Supaya kegiatan UTS berlangsung dengan baik, maka masuk perkuliahan setelah UTS ditetapkan pada tanggal 25 Mei. “Kita membuat itu untuk mengakomodasi bagi yang belum menyelesaikan mid semester sampai hari Rabu,” ujarnya, Jumat (3/5/2019).

Muhammad Da’i menerangkan bahwa adanya perbedaan kebijakan antara universitas dengan fakultas terjadi karena keadaan setiap fakultas yang ada di UMS berbeda. Ia menuturkan, perbedaan tersebut timbul tergantung pada ketersediaan ruangan untuk pelaksanaan ujian, sehingga hal itu memengaruhi waktu selesainya UTS.

“Bagi yang sudah selesai ujian tengah semester, kuliah duluan ya tidak apa-apa,” tandasnya.

Baca Juga UMS Kembali Buka Penerimaan Calon Dosen Baru

Dekan Fakultas Farmasi (FF) UMS, Azis Saifudin berujar bahwa kegiatan perkuliahan bagi Fakultas Farmasi sendiri dimulai setelah UTS aktif, tepatnya pada hari Senin, 22 Mei 2019.

Perbedaan kebijakan tersebut terjadi karena setiap fakultas atau program studi (Prodi) memiliki jumlah mata kuliah yang berbeda, jumlah mahasiswa yang berbeda, dan jumlah ruangan yang berbeda.

Fakultas Farmasi sendiri telah menyelesaikan UTS pada hari Sabtu, 20 Mei 2019. Jadwal ini lebih cepat daripada fakultas atau prodi lain yang ada di UMS, sebab ruangan tersedia dan mencukupi.

Azis berharap melalui masa aktif perkuliahan yang ditetapkan lebih awal ini bisa meminimalisir tatap muka antara mahasiswa dengan dosen.

“Ya harusnya ada jedanya (masa aktif perkuliahan-red), ” ungkapnya, Sabtu (4/5/2019).

Reporter           : Faizatul Maslahah

Editor               : Afitasari Mulyafi