Tak Ada Pemilwa, UMS Bentuk Kepengurusan BEM U Lewat Kongres

0
255

UMS, pabelan-online.com Menindaklanjuti pembentukan Student Government alias BEM Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Badan Pekerja dan Badan Pelaksana yang telah dibentuk sedang dalam persiapan penyelenggaraan kongres dalam waktu dekat.

Sekretaris Badan Pelaksana, Yulianto melaporkan bahwa Badan Pelaksana hingga kini telah melakukan persiapan teknis, seperti peminjaman ruang dan menyediakan alat-alat yang diperlukan untuk kongres pembentukan Student Government.

Badan Pelaksana bertugas setelah menunggu perintah dari Badan Pekerja, sebab Badan Pelaksana hanya mengurus masalah teknis selama persiapan.

Yulianto menjelaskan, pembentukan BEM U dan DPM U nantinya akan dilakukan melalui musyawarah bersama dalam kongres tersebut. Terkait kandidat yang akan maju dalam kepengurusan BEM U kelak juga akan dibicarakan dalam kongres.

Mengingat waktu sudah sangat dekat dengan momen Masa Taaruf (Masta), maka dirasa tak cukup untuk melakukan Pemilihan Umum Mahasiswa (Pemilwa).

“Jika kepengurusan tahun ini terbentuk, maka Pemilwa akan diadakan kembali untuk periode selanjutnya,” papar Yulianto, Rabu (19/6/2019). Ia mengaku bahwa Bagian Kemahasiswaan (Bagmawa) juga mendesak supaya BEM U dan DPM U terbentuk sebelum Masa Taaruf dimulai.

Yulianto berujar, belum ada kendala yang sangat berarti, sebab selama ini antara Badan Pekerja dan Badan Pelaksana baru sebatas melakukan rapat-rapat persiapan.

Meski begitu, sejauh ini Yulianto memandang teman-teman Badan Pekerja dan Badan Pelaksana serius untuk mempersiapkan pembentukan BEM U.

Baca Juga Fungsi Lahan Sebelah Barat Masjid Sudalmiyah Rais Simpang Siur, Kepala Satpam UMS Beri Klarifikasi

Sementara Abid Ismail, selaku Ketua Badan Pekerja, mengungkapkan bahwa saat ini Badan Pekerja sedang memasuki tahap penyusunan draf materi AD/ART dan tata tertib kongres Student Government nantinya. Terkait peserta kongres, ia mengatakan akan melibatkan serta elemen mahasiswa, seperti tiap-tiap BEM Fakultas (F) dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) F.

“Kalau bisa dikatakan satu periode ini sakit, dan ini adalah fase pemulihan dari sakit tersebut,” tutur mahasiswa yang akrab disapa Abid ini, Selasa (18/6/2019).

Dalam kongres nanti, ujar dia, akan membahas pembentukan Student Government alias BEM U, konstitusi yang akan dijadikan pedoman, dan tak ketinggalan bentuk pemerintahan yang nantinya akan dijalankan oleh kepengurusan BEM U selanjutnya.

Abid mengatakan belum ada kendala yang berarti dalam persiapan pembentukan BEM U.

“Namun terkadang persiapan terhambat karena terpotong liburan dan tanggal merah,” tukasnya. Bahkan, beberapa elemen mahasiswa yang diundang tidak hadir dalam rapat, hal ini memicu pengoordinasian tidak menyeluruh.

Baca Juga Usai Rapat Koordinasi Jilid Dua, Kongres Pembentukan Student Government Semakin Dekat

Baca Juga DPM-F: Rapat Koordinasi Pembentukan Student Government Jilid Dua Akan Segera Digelar

Baca Juga Hendaki Pembentukan BEM-U, Kemahasiswaan Undang Ormawa Rapat Koordinasi

Reporter              : Naufal Abdurrahman Musa

Editor                    : Annisavira Pratiwi