Dari LAM-Ptkes, Kedokteran Gigi UMS Berhasil Raih Akreditasi B

0
418

UMS, pabelan-online.com – Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) pada awalnya berakreditasi C, namun kini berhasil meningkatkan akreditasinya menjadi B di tahun 2019.

Dalam sekali akreditasi, FKG mendapatkan dua akreditasi B sekaligus, baik dalam program S1 maupun profesi. Dendy Murdiyanto, selaku Dekan FKG mengatakan, untuk proses akreditasinya sendiri masih mengikuti standar lembaga akreditasi mandiri perguruan tinggi kesehatan (LAM-Ptkes).

Ia menambahkan, khusus perguruan tinggi kesehatan yang menilai adalah LAM-Ptkes. “Perguruan tinggi kesehatan yang dimaksud adalah Fakultas Kesehatan, seperti Kedokteran, Kedokteran Gigi, Farmasi, Keperawatan, Gizi, dan lain-lain,” ujarnya, Rabu (26/06/2019).

Dalam mempersiapkan akreditasi ini, Dendy merasa cukup sulit, karena parameter (ukuran –red) untuk LAM-Ptkes dan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) berbeda.

Baca Juga PMB UMS, Ribuan Calon Mahasiswa Telah Lakukan Registrasi

“Jadi, di FKG untuk mendapatkan akreditasi yang bagus dilihat dari mahasiswa yang lulus ada berapa persen, dan itu merupakan lulusan nasional karena ujiannya menggunakan ujian kompetensi nasional, lama studinya juga diperhitungkan, serta fasilitas yang dimiliki,” paparnya.

FKG yang telah mempunyai Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Soelastri ini menjadi poin plus tersendiri selama kelangsungan akreditasi, karena sudah didukung dengan adanya fasilitas yang memadai.

Namun kurangnya sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu kendala dalam mempersiapkan akreditasi, yang berakibat pada kesulitan dalam pembagian tugas. Selain itu, padatnya kegiatan yang ada di fakultas, persiapan berbagai hal untuk akreditasi menjadi tidak dapat sekali selesai.

Sinta Al Manik, salah satu mahasiswa FKG mengaku bangga dengan pencapaian akreditasi FKG yang naik menjadi B tahun 2019 ini. Ia berharap, semoga nilai akreditasi yang sekarang ini bisa menjadi acuan untuk FKG yang lebih baik, lebih maju, dan lebih profesional lagi.

“Semoga akreditasinya bisa terus naik sampai menjadikan FKG UMS ini menjadi salah satu FKG terbaik, yang mampu menghasilkan dokter gigi yang baik, profesional, dan kompeten,” ucapnya, Rabu (26/06/2019).

Reporter              : Rifqah dan Faizatul Maslahah

Editor                   : Annisavira Pratiwi