Tebas Lahan Edupark, UMS Masih Berstatus Kampus Hijau?

0
430

UMS, pabelan-online.com Di tengah marak pembangunan yang terjadi di lingkup Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Taman Edupark menjadi salah satu lahan hijau yang dikorbankan untuk membangun Edutorium. 

Masih berlaku hingga kini, UMS berada dalam posisi 641 dari seluruh universitas dunia, sebagai kampus hijau versi UI Green Metric tahun 2018. Indikator penilaian yang digunakan oleh UI Green Metric meliputi; Statistik Kehijauan Lingkungan Kampus, Pengelolaan Sampah, Energi dan Perubahan, Penggunaan Air, Transportasi, dan Pendidikan Lingkungan Hidup.

Mahasiswa tingkat akhir Fakultas Geografi, Marhaendra Arba’a menanggapi perolehan peringkat kampus hijau dengan bangga. Arba’a pun berpendapat, pembangunan Edutorium tidak berpengaruh signifikan akan lingkungan hijau yang terdapat di UMS.

“Lingkungan UMS masih terbilang kampus hijau dengan pengelolaan lingkungan hidup yang baik,” ujarnya, Jumat (28/6/2019).

Ia berharap agar kedepannya diadakan program yang mampu membuat mahasiswa sadar akan lingkungan hidup, salah satunya program berjalan kaki ke kampus demi mengurangi polusi udara.

Baca Juga Dari LAM-Ptkes, Kedokteran Gigi UMS Berhasil Raih Akreditasi B

Selaku Dosen Fakultas Geografi, Aditya Saputra menegaskan bahwa pengurangan lahan hijau tidak berpengaruh signifikan dalam status kampus hijau UMS. “Indikator penilaian kan beragam, lahan hijau itu hanya salah satu indikatornya,” paparnya, Jumat (28/6/2019).

Namun, Aditya beranggapan, berkurangnya salah satu lahan hijau seperti Edupark tak lantas menjadikan UMS miskin lahan hijau. Sebab, ada beberapa tempat di UMS yang dianggap masih rindang, yakni kampus satu dan empat. Lingkungan Gedung Induk Siti Walidah (GISW) juga merupakan salah satu wilayah bernapas yang UMS miliki.

Dalam upaya mempertahankan status kampus hijau yang disandang UMS, Aditya juga menambahkan bahwa pengelolaan sampah, penggunaan air, penggunaan energi dan perubahan, penting untuk lebih diperhatikan secara serius.

“Dalam tiga indikator penilaian itu, UMS mesti serius melakukan pengelolaan bertahap agar terjaga lingkungan kampus hijaunya,” ujarnya, Jumat (28/6/2019).

Reporter        : Alvanza Adikara Jagaddhita

Editor             : Rifqah