FKI UMS Akan Alih Fungsi Bekas Kantin Jadi Ruang Persidangan

0
78

UMS, pabelan-online.com – Sejak adanya sentralisasi kantin di Kantin Tepi Danau maupun Fakultas Teknik, beberapa fakultas di kampus 2 UMS tidak lagi memiliki kantin sendiri. Begitu pula FKI, kini kantinnya kosong dan akan dialihfungsikan.

Saat ditemui Jumat (28/6/2019), Nurgiyatna, Dekan Fakultas Komunikasi dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta (FKI UMS) memberitahu bahwa perbaikan Kantin Fakultas Komunikasi dan Informatika masih sedang berlangsung.

Kantin tersebut, ujarnya, akan dimanfaatkan sebagai ruang sidang mahasiswa yang telah usai menggarap skripsinya. Kantin juga akan dialihfungsikan untuk sejumlah kegiatan dosen-dosen FKI, seperti workshop, rapat kerja, dan koordinasi antar dosen.

Pihak FKI masih menunggu keputusan dari Badan Administrasi Keuangan (BAU) untuk penentuan waktu supaya bisa digunakan. Pasalnya, BAU yang berwenang menangani perbaikan kantin tersebut dari awal. “Kita (pihak FKI-red) taunya jadi,” ujar Nurgiyatna, Jumat (28/6/2019).

Meski yang mengurusi pihak BAU, awalnya pihak FKI yang mengajukan ke pimpinan UMS. Pengajuan yang telah dilakukan sejak Februari 2019 ini berisi permintaan pihak FKI agar kantin dikelola sepenuhnya oleh FKI. Wakil Rektor V yang menangani pengajuan tersebut kemudian menyetujui dan menyerahkan sepenuhnya kepada BAU.

Pihak FKI pada mulanya bingung memanfaatkan kantin yang kosong itu. Namun ketika melihat ruang sidang FKI yang minimalis sehingga tak dapat memuat semua dosen, akhirnya disetujui untuk diajukan sebagai ruang sidang.

Baca Juga Tebas Lahan Edupark, UMS Masih Berstatus Kampus Hijau?

“Dulu mau beberapa alternatif, kemudian dicocokkan untuk ruang sidang,” terang Nurgi.

Setelah perbaikan nanti, bekas kantin yang diperkirakan dapat memuat sebanyak 30 orang tersebut akan diisi dengan beberapa perabotan penunjang, seperti Liquid Crystal Display (LCD), kursi, dan meja. Pengisian perabotan tersebut juga dilakukan oleh BAU, karena segala teknis perbaikan merupakan wewenang BAU.

Ketika ditanya terkait perkembangan kantin saat ini, Riyan, salah satu mahasiswa Informatika semester VI, mengaku bahwa dirinya baru tahu saat itu juga kalau kantin akan dialihfungsi menjadi ruang sidang. “Baru tahu, soalnya setahu saya belum ada sosialisasi dari pihak FKI,” kata Riyan, Jumat (28/6/2019).

Reporter              : Inayah Nurfadilah

Editor                   : Annisavira Pratiwi