Ada Wifi Ilegal di Fakultas Hukum, IT Support UMS Kecolongan

0
207

UMS, pabelan-online.comBaru-baru ini terdeteksi banyak wifi berpassword dengan titel Huawei di Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Sapto, salah satu pihak Information Technology (IT) UMS mengklarifikasi bahwa banyaknya access point Huawei di Fakultas Hukum UMS dipasang tanpa sepengetahuan pihak IT.  Dengan adanya pemasangan wifi ilegal ini, Sapto merasa perlu untuk berkomunikasi dahulu dengan pihak Wakil Dekan (WD) 2 ataupun TU fakultas terkait.

Pasalnya, pemasangan wifi haruslah jelas tujuannya. “Jika wifi tersebut dipasang oleh pihak luar PTI, maka ditanyakan di fakultas terkait apakah fakultas tersebut mengetahui adanya pemasangan wifi. Jika tidak diketahui maka akan dilakukan tindakan pencabutan wifi,” imbuhnya.

Keberadaan wifi-wifi ilegal tersebut menjadi masalah baik secara teknis maupun prosedur, karena tidak adanya perizinan. Sapto pun menerangkan, bahwa pemasangan wifi seharusnya diurus dulu perizinannya melalui pihak PTI.

Baca Juga BEM FAI UMS Hidupkan Sisi Intelektual Mahasiswa Milenial Lewat Seminar Nasional

Hal ini bukan tanpa alasan, melainkan agar terciptanya keadaan jaringan wifi yang tertata dan teratur. Setelah diizinkan, pihak yang mengajukan akan diberitahu mengenai syarat dan ketentuan dalam pemasangan wifi agar tidak mengganggu jaringan lainnya.

“Dalam setiap fakultas ada IT support untuk membantu memonitoring jaringan dan pengamanan jaringan di dalam setiap masing-masing fakultas,” terangnya. Sapto menduga kurangnya personil IT support sebagai ‘tangan panjang’ di fakultas, sehingga kecolongan dalam memonitoring jaringan fakultas.

Alfan Dzikria Nurrahman, salah satu mahasiswa semester empat Fakultas Hukum UMS mengaku belum banyak yang mengetahui mengenai wifi tersebut. “Kalo bisa digunakan sih berharapnya bisa digunakan semua elemen fakultas,” katanya, Sabtu (29/6/2019)

Wury Fatima, salah satu mahasiswa semester dua Fakultas Hukum UMS berkata tidak mengetahui wifi-wifi Huawei yang terpasang di fakultas hukum. “Soalnya biasanya cuma pakai wifi yang UMS,” ujarnya, Jumat (28/6/2019).

 

Reporter              : Rika Tri Amalia dan Alvanza Adikara Jagaddhita

Editor                   : Annisavira Pratiwi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here