Berbenturan Jadwal Akreditasi, Ujian Akhir Semester FIK UMS Maju Satu Minggu

1
692

UMS, Pabelan-Online.com  ̶  Ujian Akhir Semester (UAS) Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) maju satu minggu lebih cepat dari jadwal yang telah ditentukan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) lantaran adanya assessment akreditasi program studi Kesehatan Masyarakat.

Muhammad Da’i, selaku Wakil Rektor I (WR I) membenarkan bahwa Ujian Akhir Semester (UAS) yang dilaksanakan FIK dimajukan satu minggu lebih cepat dari jadwal universitas. Ini lantaran bertepatan dengan akreditasi prodi Kesehatan Masyarakat (Kesmas) yang berlangsung tanggal 11 hingga 13 Juli 2019. Apabila UAS tetap dilaksanakan sesuai jadwal dari universitas, dikhawatirkan akan menghambat jalannya akreditasi.

Dalam menentukan kalender akademik, Da’i menuturkan banyak yang diperhatikan dan dipertimbangkan, seperti jika banyak tanggal merah maka tanggal ujian akan dimodifikasi kembali. Mengingat jadwal resmi UAS yang berlangsung kurang lebih dua minggu, Da’i berharap UAS di FIK dapat selesai bertepatan dengan jadwal yang berlaku.

“Perizinannya tidak sulit dan ini baru pertama kali terjadi UAS dimajukan,” ungkap Da’i, Rabu (3/7/2019).

Sementara terkait persiapan akreditasi, berkas harus diajukan ke Gedung Induk Siti Walidah (GISW) dua hari sebelum proses assessment (penilaian-red) dengan tim assesor berlangsung. Dalam waktu lima hari tersebut tidak bisa difokuskan untuk hal lain selain akreditasi, itulah sebab UAS harus dimajukan. Hal itu disampaikan Sri Darnoto selaku Kepala Program Studi (Kaprodi) Kesmas.

Baca Juga Sebut 23 Persen Mahasiswa Terpapar Radikalisme, Menhan Berencana Tekankan Peran Menwa

Sri mengatakan, sebenarnya persiapan akreditasi telah berlangsung sejak tahun 2017 dan awalnya proses assessment dijadwalkan pada tanggal 27-29 Juni 2019. Namun tim assesor pada tanggal tersebut berhalangan sehingga proses assessment pun diundur, menjadi bertepatan dengan jadwal UAS.

Terkait persiapan UAS, Sri menegaskan, mahasiswa tetap mendapat hak untuk merasakan minggu tenang. Pengganti minggu tenang bagi FIK ialah saat UAS tak dilaksanakan hari Senin serta hari berlangsungnya assessment untuk akreditasi. “Sampai saat ini, tidak mendapat keluhan dari mahasiswa. Tapi tidak tahu yang beredar di luar seperti apa,” ujar Sri saat ditemui tim Pabelan Online, Kamis (18/7/2019)

Reporter               : Senly Aprilina

Editor                    : Annisavira Pratiwi

1 KOMENTAR

Comments are closed.