UNS Ciptakan Wirausahawan Lewat Program Mahasiswa Wirausaha

0
239

Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta (UNS) memiliki sebuah program yang mewadahi mahasiswanya berwirausaha, dinamakan PMW. Sepuluh tahun berdiri, program ini berhasil mencetak 40% mahasiswanya untuk menggeluti dunia wirausaha sendiri.

Dilansir dari jateng.sindonews.com, mahasiswa mendapat sokongan dari UNS agar melakukan kegiatan wirausaha sebagai karir. Kegiatan wirausaha dinilai mampu membawa dampak positif terhadap kemajuan dunia usaha dan perekonomian negara yang lebih baik.

Pembina Pusat Pengembangan Kewirausahaan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNS, Eddy Tri Haryanto, mengungkapkan bahwa dengan majunya dunia usaha berbanding lurus dengan pajak yang masuk ke negara.

“Jika dunia usaha maju, tentunya pajak yang masuk ke negara juga lebih besar,” tuturnya, saat ditemui di Roadshow Program Mahasiswa Wirausaha angkatan 2018, Selasa (30/7/2019).

Oleh karena itu, UNS mendukung mahasiswa berwirausaha lewat program yang dinamakan Program Mahasiswa Wirausaha, biasa disingkat dengan PMW. Program yang diluncurkan sejak tahun 2009 ini menggeluti bidang usaha kuliner dan fashion pada awalnya, namun mulai 2019 merambah ke jenis usaha ekonomi kreatif seperti handicraft, dan teknologi informasi.

“Tenaga kerja yang diserap rata-rata 3-5 orang,” ujar Eddy. Berdasarkan hasil evaluasi, dari total mahasiswa, 40% yang terdaftar dalam PMW kini dilaporkan telah menekuni usaha bisnis tanpa sampingan pekerjaan lain.

Baca Juga BAU UMS Taksir Dana Pengadaan Inventaris UKM Capai Rp 200 Juta

Eddy berkata, UNS terus melakukan pendampingan sampai usaha yang digeluti mahasiswa benar-benar berjalan. Pendampingan yang diberikan, ujarnya, dalam bentuk modal maksimal Rp 8 Juta. Namun jika ada usaha mahasiswa yang tidak berjalan, biasanya mahasiswa menjadi kapok dan menjadi susah dihubungi.

“Itu yang menjadi problem. Yang namanya usaha itu memang tidak mudah. Kami ingin tetap bersemangat meski usahanya jatuh,” tegasnya.

Sementara bagi mahasiswa yang sudah berhasil menjalankan usaha, UNS berharap prestasinya itu dapat memotivasi adik-adik tingkatnya. Hernando Rizqon Nurhuda, salah satu mahasiswa UNS yang mengikuti PMW, mengatakan usaha fotografinya berkembang pesat berkat pendampingan yang diberikan UNS.

UNS memberinya bantuan Rp 8 Juta, yang ia pergunakan untuk melengkapi properti studionya. “Omzet usaha saya sekitar 3-5 juta per bulan sekarang,” tukas mahasiswa yang akrab disapa Hernando ini, dikutip dari jateng.sindonews.com.

Reporter             : Annisavira Pratiwi
Editor                  : Ani Sariski