Mahasiswa Sembunyikan Ganja di Ruang Senat, Walikota Jakarta Barat Minta Kampus Perketat Pengawasan

0
114

Polres Metro Jakarta Barat sukses bekuk lima mahasiswa pengedar narkoba jenis ganja. Polisi telah mengamankan barang bukti 11 kilogram ganja yang ditemukan di Ruang Senat Kampus.

Dikutip dari merdeka.com, mahasiswa dengan inisial PHS (21), TBW (23), HK (27), AK (27), dan FF (31) ditangkap polisi karena kedapatan mengedar narkoba jenis ganja di lingkungan kampus. Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Erick Frendriz menduga 68 kg ganja telah diedarkan ke sejumlah kampus perguruan tinggi negeri dan swasta di Jakarta.

Dua tersangka, PHS dan TBW diketahui masih berstatus mahasiswa aktif di sebuah perguruan tinggi swasta Jakarta Timur. PHS, salah satu mahasiswa pengedar narkoba mengaku telah menjadi pemakai sejak dua tahun lalu, namun baru dua kali mengedarkan ganja.

“Dia (PHS) mahasiswa aktif yang berprestasi karena IPK nya selalu sempurna,” jelas Erick Frendriz saat dikonfirmasi, Senin (29/7/2019).

Baca Juga UNS Ciptakan Wirausahawan Lewat Program Mahasiswa Wirausaha

Menurut Erick, dilansir dari detik.com, polisi sudah mengantongi barang bukti sebanyak 12 kg ganja dari total 80 kg ganja yang dimiliki para tersangka. Ganja sebanyak 11 kg ditemukan di lingkungan kampus, satu kg sisanya disita di luar lingkungan kampus.

“Total semuanya ada 80 kilogram ganja yang turun, 12 kilo sudah kami amankan, sisanya sudah beredar,” kata Erick.

Seperti yang disebut liputan6.com, tersangka PHS dan TBW yang masih aktif kuliah nekat sembunyikan ganja di salah satu ruangan perguruan tinggi demi menghindari polisi. “Barang bukti kita dapatkan di dalam ruangan senat mahasiswa,” kata Kanit 3 Satnarkoba Polres Metro Jakarta Barat, AKP Achmad Ardhy, Senin (29/7/2019)

Walikota Jakarta Barat Minta Kampus Perketat Pengawasan

Terkait PHS dan TBW yang kedapatan menyimpan ganja di ruang senat, Rustam Effendi, selaku Walikota Jakarta Barat meminta pihak kampus memperketat pengawasan terhadap mahasiswa.  “Agar peredaran barang haram ini tidak terjadi lagi,” tukas Rustam.

Rustam Effendi mengapresiasi kinerja jajaran Polres Jakarta Barat yang sukses mengatasi persoalan narkoba dan melakukan tindakan tegas terhadap tersangka pengedar narkoba jaringan kampus.

“Saya himbau tak hanya kampus, namun semua masyarakat supaya memahami bahwa kegiatan tersebut tidak boleh dilakukan. Karena tak hanya melanggar aturan tetapi juga merusak generasi muda yang ada dikampus,” ujar Rustam, Selasa (30/7/2019), dikutip dari suara.com.

Reporter         : Annisa Nur Aisyah

Editor             : Annisavira Pratiwi