Satpam UMS: Bila Kepergok Memancing di Danau Siti Walidah Akan Difoto

0
274

UMS, pabelan-online.com – Masih ada pemancing yang nekat menangkap ikan di Danau Siwal meski sudah dilarang. Belum ada sanksi serius dari satpam selain diberi nasihat. Namun bila sudah dinasihati tetap bandel memancing, tindakan ilegalnya akan didokumentasikan oleh satpam.

Larangan untuk memancing di Danau Siti Walidah (Siwal) sudah lama diterbitkan oleh pimpinan, begitu kata Ngadirin, Komandan Satpam Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Selaku penanggungjawab keamanan UMS, ia mengaku sering melakukan kontrol di Danau Siwal. “Saya cek sendiri, kadang saya nggak ngomong sama anggota, kalaupun ada yang ketahuan mancing pasti saya usir,” tuturnya, Kamis (18/7/2019).

Ngadirin pun mengaku pernah menemui ada pemancing dari mahasiswa maupun masyarakat sekitar, kemudian ia mendatanya dan memberikan nasihat, agar tidak mengulanginya. Tapi ternyata masih ada juga mahasiswa yang tidak mau mendengarkan jika dinasihati. “Adapun mahasiswa yang ketahuan memancing saya nasihati tapi malah ngotot, saya foto,” imbuh Ngadirin.

Baca Juga Inovasi Semen dari Limbah, Mahasiswa FTUI Bawa Pulang Medali Perak Ajang ISIF Bali

Ia mengakui, saat ini sanksi masih berupa nasihat dan belum ada tindakan lain. Namun, pihaknya telah menggabungkan dua pos untuk mengontrol Danau Siwal dan sekitarnya dengan alasan keamanan. “Saya sudah berpesan kepada anggota yang berjaga di kampus dua, agar kontrol berbarengan dengan yang berjaga di Siti Walidah pada malam hari,” pungkasnya.

Sementara itu, Wahyu Hayatullah, Mahasiswa Teknik Mesin Internasional, merasa belum pernah mengetahui adanya pemancing di Danau Siwal dan kurang mengetahui aturannya. Namun, dia beranggapan apabila ada mahasiswa yang memancing dan selagi itu positif menurutnya tidak masalah. “Asalkan mahasiswa bisa merawat dan tidak merusak,” tuturnya saat diwawancarai, Kamis (18/07/2019).

Ia pun tidak setuju, apabila ada pihak luar yang ikut memancing di Danau Siwal, karena  ini merupakan civitas academica UMS, artinya tempat untuk belajar. Ia menilai, jika pihak luar memancing, biasanya mereka hanya memancing tanpa peduli terhadap lingkungan Danau Siwal.

Reporter              : Arsy Candra Prabowo

Editor                    : Rifqah