Terkait BEM UMS, BEM FIK dan BEM FEB Beda Pandangan

0
136

UMS, Pabelan-Online.com Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (BEM FEB) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) memiliki pandangan masing-masing dalam menyikapi Student Government.

Gubernur BEM FIK, M. Nur Ardiansyah menuturkan, BEM FIK tak bisa menghadiri kongres maupun pelantikan Student Government 2019 sebab bertepatan dengan agenda LKMMPD. Ia lalu menyebut Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD-ART) KAMA UMS pasal 12, yang seharusnya melantik BEM-U dan DPM-U adalah Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) sebagai ketua sidang.

Kenyataan yang terjadi, Student Government dilantik oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, yang membuat mahasiswa yang akrab disapa Ardi ini merasa janggal. Terlebih, ia mempermasalahkan delegasi Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) yang tidak sesuai dengan AD-ART KAMA, sebab hanya meminta satu perwakilan tiap fakultas.

“Belum, sampai sekarang belum mengirimkan delegasi MPM,” ujar Ardi ketika disinggung mengenai perwakilan FIK untuk delegasi MPM, saat ditemui tim Pabelan Online, Jumat (16/08/2019). Terlepas perihal itu, BEM FIK mengaku tetap menghargai hasil pelantikan Student Government 2019.

Ditemui di tempat berbeda, Hanif Fahrudin sebagai Gubernur FEB juga berhalangan hadir dalam pelantikan Student Government 2019, meski sempat hadir dalam kongres. Ia berdalih BEM FEB mempunyai agenda yang tak bisa ditinggal. Mengenai delegasi MPM, BEM FEB mengaku pihaknya belum mengirim perwakilan, sebab belum menemukan orang yang bisa diamanatkan.

Berbeda sikap dengan BEM FIK, BEM FEB memilih abstain terhadap Student Government tahun ini. Hanif beranggapan, BEM FEB telah lebih dahulu terbentuk daripada BEM-U. Kepengurusan BEM FEB sudah berjalan sejak Desember 2018, sementara BEM-U baru ‘hidup kembali’ dua bulan lalu.

Hanif menegaskan, dalam segi perencanaan BEM FEB dirasa lebih matang dan sudah selayaknya menjalankan rencana yang sudah disepakati sebelum terbentuknya BEM-U. “Untuk periode berikutnya BEM-U baru bisa memberikan koordinasi lebih intens, kalau untuk saat ini mohon maaf tidak bisa bantu,” tandas ia, Senin (19/08/2019).

Reporter         : Cindy Ameliayana Wulandari

Editor             : Annisavira Pratiwi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here