18 Mahasiswa Baru Tak Dapat Login STAR UMS

0
304

UMS, Pabelan-Online.com – 18 mahasiswa baru terkendala akses website akademik STAR UMS, sebab Nomor Induk Mahasiswa (NIM) tertera pada Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan NIM website star.ums.ac.id berbeda.

Husni Thamrin, Kepala Biro Teknologi Informasi (BTI), membenarkan ada 18 mahasiswa baru memiliki perbedaan NIM pada KTM dan star.ums.ac.id. Ia mengatakan perbedaan tersebut disebabkan cacat perangkat lunak yang mengakibatkan terjadinya kesalahan program generik, sehingga tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Program generik ialah program yang ditulis sekali dan dapat dipakai berkali-kali untuk data beragam tanpa harus mengubah inti dari algoritma. Lantaran adanya bug (eror) pada program generik, mahasiswa baru tidak dapat login website akademik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

“Memang adanya kesalahan input nomor induk mahasiswa baru. Namun, kita sudah memberitahu Biro Administrasi Akademik (BAA) untuk menangani lebih lanjut,” tuturnya, Jumat (13/09/2019). Setiap menemukan kesalahan, ia berdalih Biro Teknologi Informasi (BTI) UMS selalu memperbaiki dan mengupayakan seminimal mungkin terjadi kesalahan pada sistem.

Baca Juga Mahasiswa Asing Langgar Aturan, Diduga Terkendala Bahasa

Ditemui di tempat berbeda, Triyono, yang menjabat sebagai Ketua Biro Administrasi Akademik (BAA) mengungkapkan, kesalahan terjadi saat input data One Day Service (ODS). Namun, ia mengaku sudah merekonsiliasi hal ini dengan pihak BTI.

“Ketika Badan Teknologi Informasi (BTI) memberitahu adanya bug, kami langsung buatkan KTM yang baru, dan pembuatan tidak dipungut biaya apapun,” tukasnya (13/09/2019).

Reni Ayu, selaku mahasiswa baru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), berharap kejadian seperti ini tidak terulang kembali. Ia amat menyayangkan adanya kesalahan pada NIM sehingga masalah itu membuatnya terhambat dalam melakukan aktivitas akademik.

“Saya sebagai mahasiswa baru merasa terganggu dengan adanya kesalahan sistem ODS, jadi harus mengurus ulang KTM,” jelasnya, Jumat (13/09/2019).

Reporter           : Cindy Ameliayana Wulandari

Editor               : Rio Novianto