Kasus Pencurian Jaket Terungkap, Satpam: Pelaku Berhasil Ditangkap

0
318

UMS, pabelan-online.com – Kasus pencurian jaket terjadi di parkiran belakang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) kampus satu Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Pencurian yang terekam kamera Closed Circuit Television (CCTV) tersebut terjadi sebelum jeda semester dan dilakukan oleh seorang mahasiswi.

Yogo Priyanto, selaku anggota satpam  mengatakan bahwa telah mengonfmasi  lewat rekaman cctv jika pelaku  mengambil jaket tersebut tanpa izin.  Jaket yang diperkirakan bernilai 200 ribu rupiah tersebut tak pernah dipakai dan hanya ditaruh dalam  jok motor milik pelaku selama dua bulan lamanya.

“Jaketnya cuma ditaruh di jok, semenjak dia ambil sampai dia ditangkap,” imbuh Yogo,  Jumat (13/09/2019). Pelaku berhasil ditangkap pada hari Senin (09/09/2019) saat keluar dari parkiran sekitar jam 14.00 siang, dan tidak bisa mengelak lagi.

Komandan satpam menindaklanjuti hal ini dengan mempertemukan kedua belah pihak. Baik pelapor maupun pelaku akhirnya telah membicarakan secara kekeluargaan dan menganggap selesai kasus ini. “Kedua belah pihak sepakat untuk berdamai dan pelaku pencurian sudah mengembalikan jaket tersebut,” jelas komandan satpam tersebut, Jumat (13/09/2019).

Di sisi lain, selaku komandan regu bagian sepeda, Subro menjelaskan, bahwa laporan pencurian bisa dilaporkan kepada petugas parkir, kemudian baru diserahkan kepada satpam. Pihak satpam selanjutnya mengecek cctv untuk memastikan ada pencurian atau tidak.

Menurutnya, petugas parkir sudah berupaya untuk lembur dan patroli guna meminimalisir kasus seperti ini. Namun, terkadang pelaku memanfaatkan celah ketika ada kesempatan. “Kalo mereka niatnya mau ngambil, kadang mereka cari celah kita,” jelasnya, Sabtu (14/09/2019).

Baca Juga Tembak Gas Air Mata, Aparat Bubar Paksa Aksi Demonstrasi Mahasiswa Soloraya

Jika ada kasus pencurian yang dilakukan oleh mahasiswa maka akan diserahkan kepada tim disiplin kampus, beserta hukumannya. Tetapi, jika kasus tersebut dari pihak luar maka akan diserahkan kepada pihak kepolisian.

Menurut Anggan Danu, salah satu mahasiswa Fakultas Teknik (FT), korban yang berdamai dengan pelaku pencurian  merupakan hal yang terpuji. Ia juga menyarankan, agar pelaku pencurian diberikan peringatan.  “Ya sudah dimaafkan saja, asal diberi peringatan dan sebaiknya jaket dibawa saja atau dimasukan kedalam tas,” tuturnya, Senin (16/9/2019)

Reporter         : Ananda Iryadi

Penulis             : Yusuf Apriyanto

Editor              : Rifqah