Sebulan Sekali, Sobron Bakery Adakan Pelatihan Bikin Roti

0
131

UMS, pabelan-online.com – Demi melatih mahasiswa dalam hal berbisnis, Sobron Bakery buka pelatihan untuk membuat roti.

Diungkapkan Sahman, selaku pengurus Sobron Bakery, pelatihan pembuatan roti yang telah berlangsung sejak Mei 2018 sebetulnya dikhususkan bagi mahasantri Pondok Sobron. Selain belajar menjadi ustaz atau guru, mahasantri diharapkan bisa belajar berbisnis.

Namun Sobron Bakery tidak menutup kesempatan jika ada mahasiswa umum yang berminat mengikuti pelatihan. “Untuk pelatihan sendiri, jika ada mahasiswa umum yang ingin ikut pelatihan bisa daftar atau hubungi pengurus Sobron Bakery,” ujarnya, Kamis (3/10/2019).

Pelatihan pembuatan roti diadakan sehari pada tiap bulannya. Bulan September lalu, pelatihan diikuti oleh sepuluh orang dengan dua gelombang. Rencananya, akan diadakan kembali pelatihan pada pertengahan bulan Oktober, di hari Sabtu atau Minggu.

Baca Juga Penginput Data Lelah Jadi Faktor Salah Input Mata Kuliah

Tiap harinya, Sobron Bakery hanya mampu memproduksi sekitar 10 kg roti dan berencana mengembangkan alat dan ruang agar bisa memaksimalkan proses produksi. Pembuatan roti bahkan sering dibantu oleh mahasantri Pondok Sobron jika memiliki waktu luang, atau saat ada orderan roti dalam jumlah banyak.

Abrar, salah satu mahasantri yang sering membantu pembuatan roti, menuturkan bahwa pelatihan pembuatan roti yang diadakan Pondok Sobron Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) memiliki manfaat yang banyak.

Diantaranya dapat menjadi bekal di masa depan untuk prospek usaha bisnis. Terlebih lagi, pelatihan ini tak diberi waktu khusus sehingga tidak mengganggu proses belajar mahasiswa. “Proses pembuatannya relatif mudah, ditambah mendapatkan banyak manfaat,” ujarnya, Sabtu (5/10/2019).

Reporter         : Bintang Ibnu Yan Kanapi, Tsania Laila Maghfiroh, Nur Raafika Sari, Mg_Angga

Editor              : Ayu Arlinda