Seleksi Regional Kompetisi Peradilan Semu MK, UMS Tak Masuk Empat Besar

0
377

UMS, pabelan-online.com – UMS sebagai tuan rumah Seleksi Regional Tengah Kompetisi Peradilan Semu Konstitusi 2019, belum beruntung untuk maju ke tingkat Nasional di Jakarta.

Selaku Kepala Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum (FH), Muhammad Iksan memberi keterangan bahwa Kompetisi Peradilan Semu Konstitusi 2019 adalah bentuk kerjasama FH UMS dengan Makamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia (RI) yang sudah berlangsung 10 tahun lebih. “Materi yang diangkat MK adalah ketentuan di dalam Undang-Undang (UU) Penerbangan,” tuturnya, Rabu (9/10/2019).

Kompetisi yang digelar di Gedung Induk Siti Walidah Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) ini berlangsung cukup lama, dari pagi hingga malam hari. Lebih lanjut Iksan menjelaskan, kompetisi ini dibagi menjadi tiga regional, yaitu regional barat yang dilaksanakan di Universitas Lampung, lalu regional tengah di Universitas Muhammadiyah Surakarta, dan regional timur di Universitas Muslim Indonesia Makassar.

Setiap regional diikuti oleh 12 Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia. “Dari setiap regional barat, tengah, dan timur maka akan diambil empat pemenang yang selanjutnya akan masuk ke tingkat nasional di MK,” tambahnya. Tahap ini merupakan seleksi awal sebelum masuk ke tahap selanjutnya di Jakarta.

Regional tengah sendiri diikuti oleh Universitas Negeri Semarang, Universitas Sumatera Utara, Universitas Mulawarman Samarinda, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Indonesia, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Universitas Lampung, dan Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang.

Baca Juga Mahasiswa Teknik Sipil UMS Boyong Dua Juara Ajang Nasional

UMS diwakili oleh mahasiswa Ilmu Hukum yang terdiri dari Wasyim Ahmad Argadiraksa, Muhammad Guntur Bayu Aji, Ade Andrian, Meila Dwi Wijayanti, dan Putri Sukma Dewi. Hasil pada tahap ini, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta keluar sebagai juara regional tengah setelah mengalahkan Universitas Sumatera Utara di final. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Universitas Sumatera Utara, beserta dua universitas lain akan maju ke Jakarta.

Muhammad Rahmad Juliyanto sebagai Liaison Officer (LO), memberikan tanggapan, Kompetisi Peradilan Semu Konstitusi 2019 adalah salah satu langkah yang bagus lantaran UMS terutama FH dipercaya oleh MK untuk menjadi fasilitator sekaligus tuan rumah. Apalagi antusias dari perguruan tinggi yang ada di Indonesia sangat banyak. “Dari segi acara pun lancar-lancar saja tanpa ada permasalahan yang begitu signifikan,” ujar Rahmad, Rabu (9/10/2019).

 

Reporter         : Panji Lumintang, Deny Bayu, Mulyani Adi Astutiatma, Angga Adetya

Editor             : Meliana Diah Pertiwi