Workshop BEM Geografi: Pacu Mahasiswa Ukir Prestasi Lewat PKM

0
168
Processed with VSCO with preset

UMS, Pabelan-online.com – Untuk menggali kembali kreativitas mahasiswa Fakultas Geografi, BEM Fakultas Geografi menyelenggarakan workshop Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang berlokasi di gedung I UMS.

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Geografi kembali bekesempatan untuk menyelenggarakan workshop yang bertujuan untuk mengenalkan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan mencari mahasiswa yang tertarik mengikuti PKM. Ada tiga pemateri dalam workshop.

Tiga pemateri tersebut, salah satunya merupakan dosen Fakultas Geografi dan dikenal sebagai penggerak PKM di lingkungan UMS, terlebih di Fakultas Geografi. “Workshop ini kegiatan lanjutan tahun kemarin. Jadi, yang ini sebagai penjelas dari materi tahun lalu,” kata Zaibatun Fitriyah, selaku Ketua Panitia Workshop PKM 2019.

baca juga : Tantangan Masa Depan Kian Berkembang, Pemuda Islam Dituntut Mampu Teguhkan Keimanan

Salah satu pemateri workshop, Choirul Amin, menyampaikan keuntungan jika PKM yang diunggah lolos ke jenjang yang lebih tinggi. Diantaranya, mudah mencari pekerjaan pasca lulus kuliah. “Namun untuk bisa lolos tidak mudah, persaingannya ketat,” ujar Wakil Dekan III Fakultas Geografi UMS tersebut. Meskipun begitu, Choirul mengatakan kualitas mahasiswa sendirilah yang bisa menentukan kelolosan PKM.

Selain pemaparan dasar PKM, pemateri kedua, Ahmad Kholid Alghofari menyebutkan beberapa contoh PKM mahasiswa UMS yang berhasil lolos ke dalam Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas). Misalnya, PKM berjudul ‘Inovasi Produk Berbahan Dasar Buah Delima untuk Pencegahan dan Terapi Kanker Rongga Mulut’ oleh Wimmy, salah seorang mahasiswi Fakultas Kedokteran Gigi UMS.

Kholid berharap agar mahasiswa UMS, khususnya Fakultas Geografi, dapat terpacu untuk mengukir prestasi kembali dalam ajang perlombaan PKM. “Sebab PKM karya mahasiswa Fakultas Geografi masih belum mampu menembus ke tingkat Nasional,” ujar Kholid.

 

Reporter            : Risma Mutiasari, Akbar

Editor                  : Annisavira Pratiwi