Raih Akreditasi A, Teknik Sipil Wacanakan Liburan Bersama

0
245

UMS, pabelan-online.com – Dua periode sebelumnya, Program Studi Teknik Sipil UMS berhasil meraih akreditasi A. Sayangnya, Teknik Sipil gagal mempertahankan itu hingga memperoleh penurunan akreditasi di periode berikutnya. Seolah belajar dari kesalahan-kesalahan lalu, ketika periode 2019, akreditasi A berhasil diraih Teknik Sipil kembali.

“Senang sekali Teknik Sipil bisa mendapatkan akreditasi A. Jadi, saya dan teman-teman semua semakin bersemangat untuk kuliah dan mengerjakan tugas dari dosen,” tutur salah satu mahasiswa program studi Teknik Sipil semester lima, Frendy Ervianto, Rabu (30/10/2019). Dari sudut pandangnya, ia menilai kualitas program studi Teknik Sipil sudah cukup baik. Hanya saja, fasilitasnya masih perlu dibenahi.

Pada bulan Oktober 2019, program studi (Prodi) Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil memperoleh akreditasi A (sangat baik) oleh Kemenristekdikti. “Alhamdulillah, soalnya kemarin akreditasinya B,” tutur Sekretaris Program Studi Teknik Sipil, Gurawan Djati. Ia juga menjelaskan, pihaknya telah berupaya semaksimal mungkin agar dapat meraih akreditas A kembali, seperti dua periode sebelumnya.

Dalam proses pengakreditasian, ada tujuh standar yang ditetapkan oleh Kemenristekdikti kepada seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Salah satu standar yang menjadi titik fokus program studi Teknik Sipil UMS kini ialah perihal visi dan misi.

“Kami ingin menonjolkan mahasiswa Sipil UMS ini menjadi insan yang cerdas, peka terhadap lingkungan, dan berjiwa Islami,” jelas Gurawan, Rabu (30/10/2019).

Baca Juga Masuki Era Internet of Things, Ismunandar Ingin Perguruan Tinggi Bersiap

Sebagai rasa syukur atas diperolehnya kembali akreditasi A, pihak prodi berencana akan mengajak liburan seluruh dosen dan beberapa mahasiswa yang telah berkontribusi pada proses tersebut. Tak hanya sebagai bentuk syukur, ia juga mengatakan rencana itu juga merupakan permintaan dari beberapa mahasiswa yang terlibat langsung dalam proses pengakreditasian.

Menanggapi mahasiswa yang mengatakan bahwa banyak fasilitas Teknik Sipil yang perlu dibenahi, Sekretaris Program Studi Teknik Sipil masih berupaya membenahi segala fasilitas yang tersedia. Gurawan mengajak seluruh mahasiswa Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berupaya maksimal agar mampu mempertahankan akreditasi A yang telah diraih pada tahun ini.

Reporter              : Risma Mutiasari

Editor                    : Annisavira Pratiwi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here