UMS Terapkan Peraturan Baru untuk Mahasiswa Penulis Artikel Media Massa

0
248

UMS, pabelan-online.com  –  Peraturan mengenai penghargaan bagi mahasiswa penulis artikel di media massa mengalami sedikit perubahan. Peraturan baru ini diberlakukan pada tahun 2020 oleh pihak Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Pihak UMS memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang menulis di media online, dengan catatan, situs yang dikirimkan punya kredibilitas dan terverifikasi. Alasannya, karena untuk menyaring artikel-artikel yang berkualitas.

Penghargaan  diberikan kepada mahasiswa yang menulis naskah artikel kemudian dimuat ke dalam media massa, dengan mencantumkan nama mahasiswa aktif dan afiliasi UMS. Hal tersebut diungkapkan oleh Akhmad Kholid Alghafari, selaku Kepala Bagian (Kabag) Penalaran, Kreativitas, dan SoftSkill UMS.

Menurut pihak kampus, mahasiswa berhak mendapat apresiasi saat mengirimkan artikel pada media lokal, regional, nasional, serta online menurut kredibilitas situs. Kholid menjelaskan, kredibilitas situs yakni berdasarkan kualitasnya di mana mahasiswa mengirimkan artikel. “Untuk dimuat dan dicetak itu kan berat, jadi ya berdasarkan situs apa yang mereka kirimkan,” ungkapnya, Jumat (21/2/2020).

Namun, tahun ini terdapat sedikit perubahan peraturan mengenai pengajuan penghargaan, yakni mengenai pembatasan upload artikel maksimal satu kali dalam satu bulan, serta penambahan satu poin peraturan bagi mahasiswa yang artikelnya dimuat pada media online.

Ratantra Rasjid, salah satu mahasiswa Fakultas Geografi (FG) menyayangkan mengenai beberapa poin mengenai perubahan apresiasi yang diberikan kepada para  penulis dan mengenai pembatasan waktu.

Ia menambahkan, setidaknya pihak UMS mengajak mahasiswa berdiskusi dan sosialisasi terlebih dahulu sebelum peraturan baru tersebut dibuat. “Setidaknya kan ada tawar-menawar dengan mahasiswa umum atau mahasiswa yang suka menulis,” tambahnya, Kamis (20/2/2020).

Reporter         : Wahyu Agustina

Editor             : Cindi Amelliana Wulandari