Fakultas Geografi UMS Rencanakan Program Studi Baru

0
558

UMS, pabelan-online.com – Fakultas Geografi (FG) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berencana menambah Program Studi (Prodi) baru yang bernama Sistem Informasi Geografi. Prodi tersebut bertujuan agar mahasiswa mampu menerapkan ilmu geografi di bidang teknologi dan sains.

Yuli Priyana, selaku Dekan FG menjelaskan, bahwa penambahan prodi baru yang bernama Sistem Informasi Geografi ini bertujuan agar mahasiswa bisa mengimplementasikan ilmunya ke dalam bidang Information Technology (IT), seperti halnya pada Web Geographic Information System (GIS). “Sekarang kita tidak bisa lepas dari perkembangan teknologi, apalagi terkait dengan IT, maka geografi juga tidak bisa lepas dari itu,”  ujarnya, Selasa (10/3/2020).

Terkait dengan lokasi prodi, Yuli menambahkan bahwa akan disediakan gedung baru yang akan dibangun di Gedung Teknik kampus dua, dengan dua tower yang tinggi dan terdiri dari tujuh atau lima lantai. Hal tersebut juga masih dikoordinasikan dengan universitas dan berharap prodi tersebut dapat dibuka tahun depan.

Yuli berharap, prodi tersebut bisa mengembangkan geografi dari sudut sains ataupun sistem informasi geografi dan nantinya juga mampu mencetak ahli geografi yang paham mengenai GIS dan softwarenya. “Seperti perkembangan gojek atau aplikasi yang terkait Web GIS lainnya,”  tuturnya.

Baca Juga: Bukti Peduli Isu Perempuan, IMM Averroes UMS Gelar Diskusi Keperempuanan

Selaku Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) FG, Aditya Bagus membenarkan bahwa FG berencana menambah satu prodi, yakni Sistem Informasi Geografi. Ia mengatakan, jika awalnya mahasiswa FG kurang setuju dengan adanya penambahan prodi tersebut, dengan alasan ruang kelas yang sedikit dan seiring bertambahnya jumlah mahasiswa.

Namun, akhirnya mahasiswa bisa mengerti karena materi di prodi tersebut juga bermanfaat bagi mahasiswa yang ingin mendalami ilmunya.

Aditya juga menambahkan, bahwa rencana tersebut belum ditentukan kapan akan terlaksana. Banyak dari mahasiswa FG yang berharap dengan bertambahnya prodi tersebut, FG menjadi lebih baik lagi. “Berakreditasi sangat baik dan lebih terpandang di kalangan mahasiswa FG,” ucap Adit, sapaan akrabnya, Rabu (11/3/2020).

Repoter            : Mg_Ihsan dan Mg_Indah

Editor               : Panji Lumintang