Baitul Arqam Ditunda, LPPIK Upayakan Cara Daring

0
562

UMS, pabelan-online.com – Lembaga Pengembangan Pondok Al-Islam Kemuhammadiyahan (LPPIK) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) memutuskan untuk menunda kegiatan Baitul Arqam (BA) UMS hingga kondisi kembali kondusif. Hal itu dilakukan sebagai langkah pencegahan terhadap pandemi Corona Virus Disease-19 (Covid-19) yang sudah masif di Indonesia.

Meluasnya penyebaran Covid-19 yang kini menjadi pandemi di Indonesia berakibat pada meningkatnya jumlah korban. Untuk menyikapi hal tersebut, pemerintah mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk beraktivitas di rumah, seperti bekerja, sekolah, atau kuliah secara daring.

Hal yang demikian juga diindahkan oleh pihak UMS, dengan mendukung gerakan tersebut sebagai langkah preventif pandemi Covid-19, tak terkecuali pada kegiatan BA UMS.

Penanggung Jawab kegiatan BA UMS, Suwinarno mengatakan bahwa penundaan kegiatan BA UMS memang benar adanya. Menurut Suwinarno, itu merupakan suatu langkah yang harus diambil guna mencegah penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Kekerasan Terhadap Jurnalis Masih Terjadi

Oleh karena itu, LPPIK UMS mengambil keputusan untuk sementara kegiatan BA UMS ditunda hingga situasi kembali kondusif, sesuai dengan imbauan pemerintah dan maklumat yang telah dikeluarkan pihak rektorat. “Isi maklumat tersebut berupa pengurangan berbagai aktivitas di wilayah UMS,” ujarnya ketika dihubungi oleh tim pabelan online via whatsapp, Jumat (27/3/2020).

Lebih lanjut lagi, Suwinarno menjelaskan bahwa BA UMS telah mengambil beberapa langkah terkait masalah penundaan kegiatan tersebut. Ia juga mengatakan, bahwa akan melakukan sterilisasi dan penyemprotan disinfektan pada sarana dan prasarana di Pondok Shobron.

Selain itu, LPPIK UMS juga berencana agar kegiatan BA UMS diadakan secara daring jika memang diperlukan. “BA UMS dengan model daring baru diproses oleh tim LPPIK UMS,” tutur Suwinarno.

Salah satu mahasiswa Program Studi (Prodi) Akuntansi UMS semester dua, Muhammad Khoirul Umam, turut menanggapi penundaan kegiatan BA UMS. Menurutnya, UMS telah mengambil langkah yang tepat karena penyebaran Covid-19 kian meningkat. “Semoga pihak penyelenggara kegiatan BA UMS dapat melaksanakan kegiatan tersebut secara daring,” harap Umam ketika diwawancarai via whatsapp, Jumat (27/3/2020).

Reporter         : Aprilia Aryani Dewi Kurniawati

Editor             : Novali Panji Nugroho