Kuliah Daring, BTI UMS Tetap Layani Aktivasi Akun SSO

0
223

UMS, pabelan-online.com – Meski di tengah Kejadian Luar Biasa (KLB) pandemi Corona Virus Disease-19 (Covid-19), Information Technology (IT) Helpdesk yang merupakan salah satu unit layanan Biro Teknologi Informasi (BTI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) tetap memberikan pelayanan untuk mahasiswa. Pelayanan tersebut dilakukan secara daring dan sesuai jam kerja.

Sehubungan dengan adanya Maklumat Rektor Nomor 208/A.2-II/BR/III/2020 mengenai pencegahan penyebaran Covid-19, maka segala aktivitas yang ada di UMS diliburkan dan dilakukan secara daring atau dengan menjaga jarak fisik.

Namun, selama KLB ini IT Helpdesk BTI UMS tidak libur dan tetap melakukan pelayanan untuk mahasiswa secara daring. Pemberitahuan mengenai informasi layanan sudah disampaikan ke fakultas atau program studi (prodi) masing-masing.

Husni Thamrin, selaku Kepala BTI UMS mengungkapkan, bahwa BTI UMS melayani permintaan aktivasi akun Singlesignon (SSO), email UMS, dan permintaan password Sistem Terpadu Akademik Reguler (STAR) UMS.

Baca Juga: Kenali Gejala Kecemasan dan Psikosomatis Akibat Covid-19 Hingga Cara Mengatasinya

Biasanya aktivasi dapat dilakukan di Gedung Induk Siti Walidah lantai lima, tetapi berhubung dengan adanya KLB ini, maka aktivasi dilakukan melalui google form di situs www.bti.ums.ac.id.

Akun SSO berguna untuk mengaktifkan email UMS, yang nantinya berguna untuk akses Schoology gratis bagi pengguna kartu Indosat dan XL setelah aktivasi email melalui setting proxy di browser. Untuk mengaktifkan akses Schoology gratis, perlu setting proxy di browser dan harus mengisi username dan password SSO.

Namun, masih banyak mahasiwa yang belum melakukan aktivasi karena tidak paham prosedur aktivasi SSO. “Padahal, akun SSO diperlukan untuk mengakses semua layanan dan hanya menggunakan satu password,” tutur Husni ketika wawancara via daring dengan tim pabelan online, Senin (30/3/2020).

Abel Garibaldi Ismail, salah satu mahasiswa Fakultas Geografi (FG) yang sudah melakukan aktivasi akun SSO, mengharapkan agar BTI UMS terus memperbaiki layanan dan memaksimalkan publikasi tentang prosedur layanan IT Helpdesk.

“Perlu adanya publikasi tentang prosedur layanan aktivasi email dan SSO, agar mahasiswa tidak kebingungan,” ungkapnya pada tim pabelan online ketika wawancara via whatsapp, Senin (30/03/2020).

Reporter         : Annisa Nur Aisyah

Editor             : Inayah Nurfadilah