Kegiatan Ormawa Dilakukan Secara Daring, Kemahasiswaan Beri Subsidi Rp 150.000

0
354

UMS, pabelan-online.com – Selama darurat pandemi Covid-19, Biro Kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengeluarkan rambu-rambu kegiatan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) agar tetap dapat menjalankan kegiatan dengan ketentuan-ketentuan yang sudah ditetapkan. Salah satu poin yang disebutkan dalam edaran ialah Ormawa akan mendapat subsidi pulsa sebesar Rp. 150.000 untuk setiap proposal kegiatan yang diajukan.

Delapan ketentuan atau rambu-rambu kegiatan Ormawa di lingkup kampus UMS kemudian mendapat respon dari beberapa Ormawa.

Firman Ababil selaku ketua Resimen Mahasiswa (Menwa) mengatakan, bahwa saat ini kegiatan Menwa tetap mengikuti peraturan yang telah ditetapkan dari universitas. Beberapa kegiatan daring telah dilakukan oleh Menwa, seperti rapat via online, pelantikan staf, dan pemaparan program kerja pun dilakukan secara online.

Untuk pengajuan subsidi pulsa, pihaknya sudah mengajukan proposal, tapi belum ada tindak lanjut dari Kemahasiswaan.

“Keluh kesahnya yaitu banyak kegiatan dari Menwa yang tertunda, waktu masa jabatan yang semakin mepet dengan program kerja yang masih menggantung, pengajuan proposal yang sedikit memerlukan penyesuaian, dan susahnya koordinasi di situasi seperti ini,’’ ujarnya saat diwawancarai via WhatsApp, Kamis (7/5/2020).

Hal yang sama juga diungkapkan Roy Erik Stefan, ketua Muhammadiyah University English Course (MUEC). Ia mengatakan, bahwa MUEC sudah menerapkan kegiatan sesuai dengan rambu-rambu tersebut.

Namun, MUEC sampai saat ini belum mengajukan subsidi kuota kepada pihak Kemahasiswaan. MUEC sendiri juga sudah beberapa kali melakukan kegiatan daring, salah satunya yakni pelatihan keuangan. Beberapa agenda besar pun diundur sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Baca Juga: Dakon UPPM FIK UMS Bersama Hanny Ensa: Meraih Rida-Nya Dalam Perjalanan Dakwah

Menurutnya, kebijakan dari Kemahasiswaaan sudah tepat untuk mengurangi penyebaran Corona Virus Disease-19 (Covid-19). Ia juga berharap agar setiap informasi dari universitas lebih cepat diinformasikan kepada pihak Ormawa.

Danang Maulana, selaku ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas (BEM-U) menuturkan bahwa pihaknya belum semua menerapkan kegiatan sesuai dengan Surat Edaran Rektor tersebut, karena seharusnya periodisasi BEM-U sudah selesai di bulan April.

Namun, pihaknya tetap melaksanakan kegiatan secara daring, seperti rapat koordinasi terkait kebijakan rektor saat pandemi. “Saat ini, BEM-U masih mengawal dan mengawasi kebijakan rektorat di saat pandemi,’’ ujarnya saat diwawancarai via WhatsApp, Jumat (8/5/2020).

Sejauh ini, BEM-U belum menerima saran dan respons dari Ormawa seperti yang disebutkan di salah satu poin di edaran tersebut. Beberapa kegiatan besar BEM-U seperti Pemilihan Umum Mahasiswa (Pemilwa), Student Competition of Sport and Art (SCESA), dan Festival Ilmiah Mahasiswa (FIM) ikut tertunda akibat pandemi ini.

Reporter         : Selma Julietta Maulana

Editor             : Rio Novianto