Bagmawa: Masta PMB UMS 2020 Via Daring

0
699

UMS, pabelan-online.com – Bagian Kemahasiswaan (Bagmawa) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melangsungkan rapat via Google Meet menjelang Masa Ta’aruf Penyambutan Mahasiswa Baru (Masta-PMB) 2020, yang akan dilaksanakan secara daring pada bulan Juli bersama seluruh Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas (UKM-U).

Selaku Ketua bagian Minat dan Bakat, Suryadi menyampaikan bahwa grand opening Masta PMB akan dijadwalkan pada tanggal 13 Juli 2020. “Penyambutan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri atau swasta semuanya memakai daring,” ungkapnya, Kamis (18/6/2020).

Ia juga mengungkapkan, bahwa setiap UKM harus membuat video berupa profil UKM yang nantinya akan digabung dan ditampilkan oleh Bagmawa kepada mahasiswa baru (Maba). Sehingga video singkat ini mampu mewakili dan dapat diketahui Maba sebagai profil UKM UMS.

Setiap UKM juga diwajibkan untuk membuat identitas, agar mahasiswa baru mudah mengenali setiap UKM yang ada di UMS. “Saya pengin identitas itu terlihat langsung oleh Maba dan mereka langsung paham dan mengenal Ormawa,” tuturnya melalui sambungan Google Meet.

Dengan adanya video yang cukup singkat dengan durasi satu menit tersebut, diharapkan Maba mampu mengenali setiap UKM. Sementara itu, Maba juga akan diberikan tugas mengisi Google Form yang akan dilakukan dengan cara mengirim surel ke masing-masing UKM.

“Tujuannya, agar mudah dalam pendaftaran UKM dan setiap mahasiswa wajib mendaftar, karena itu juga sebagai absensi bahwa telah mengikuti Masta,” jelasnya.

Baca juga: Wabah Corona Merajalela, Mahasiswa Bisa Apa?

Aditya Putra Yusanta, ketua UKM Pengembangan Riset dan Prestasi Mahasiswa (Prisma) mengatakan bahwa dalam masa transisi seperti yang terjadi sekarang ini, semua harus dilakukan secara daring, asalkan tujuan utama dari masta itu tetap bisa tersampaikan ke Maba walaupun dilaksanakan secara daring.

Ia juga berharap, agar Masta tahun ini juga sama meriahnya dengan Masta tahun-tahun sebelumnya, meski dilakukan secara daring.

“Yang terpenting memberikan kesan kepada pesertanya serta mahasiswa baru tetap mempunyai semangat untuk bergabung dengan UKM-U yang ada di kampus,” pungkasnya, Kamis (18/6/2020).

Reporter         : Lina Yuniati dan Munasifa Rahmawati

Editor             : M. Sukma Aji