KOPMA UMS Adakan Serangkaian Acara KOPMA CUP di Bidang E-Sport

0
98

UMS, pabelan-online.com – Koperasi Mahasiswa (KOPMA) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengadakan serangkaian acara KOPMA CUP, dimana perlombaan tersebut memiliki format E-Tournament yang mana masing-masing peserta akan bertanding dalam permainan seluler Mobile Legends. Acara KOPMA CUP tersebut akan membuka pendaftaran hingga 23 Juli mendatang.

Dihubungi via WhatsApp, Amaroh U’un Setiawan selaku Ketua Kopma UMS menyampaikan, bahwa serangkaian acara KOPMA CUP ini awalnya berbentuk format pertandingan futsal yang rutin diselenggarakan oleh KOPMA setiap tahunnya.

Namun, karena pandemi yang tak kunjung usai, akhirnya pada tahun ini KOPMA merubah format acara KOPMA CUP sebagai pertandingan E-Sport Mobile Legends.

Ia juga menuturkan bahwa tujuan diadakannya serangkaian acara KOPMA CUP tersebut sebagai sarana bagi mahasiswa untuk menyalurkan bakatnya dalam bidang E-Sport. Selain itu, juga bertujuan untuk menjalin sillaturahmi antar mahasiswa, meningkatkan kerjasama, kreativitas dan sportifitas yang bersifat kompetitif dibidang olahraga elektronik.

Sejauh ini proses persiapan pelaksanaan serangkaian acara KOPMA CUP berjalan lancar dan terkendali. “Progres sudah baik, kita hanya perlu lebih giat untuk mempromosikan turnamen ini agar kuota pendaftar terpenuhi,” ungkapnya pada Tim Pabelan Online, Kamis (25/06/2020).

Baca Juga: Bahas Peran Persma di Era Digital

Sistem penyelenggaraan KOPMA CUP kali ini menerapkan sistem Knockout (sistem eliminasi-red), dengan format BO3 (Best Of 3 Team). Tim yang berhasil lolos merupakan tim yang mampu memenangkan dua dari tiga babak permainan.

Di akhir wawancara, Amar mengungkapkan bahwa selama jalannya pertandingan akan ada satu wasit yang mengawasi jalannya permainan dan melaporkan hasil permainan yang telah berlangsung. Sebagai tambahan, Amar mengatakan bahwa untuk pemenang, nantinya akan mendapatkan hadiah uang serta sertifikat.

Menanggapi mengenai KOPMA CUP, Sofyan Raihan Pratama salah satu mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Quran dan Tafsir (IQT) UMS mengungkapkan, bahwa dirinya sangat senang dengan adanya pertandingan ini, karena lewat acara tersebut mahasiswa dapat menyalurkan bakatnya menjadi pemain Mobile Legends.

“Harapan saya, semoga semakin banyak acara seperti ini yang mampu menghibur mahasiswa,” harap Sofyan, Jumat (26/06/2020).

Reporter         : Aprilia Aryani Dewi Kurniawati

Editor             : Mulyani Adi Astutiatmaja