Kajian Online: Menjadi Mahasiswa Gaul yang Sukses di Dunia dan Akhirat

0
132

UMS, pabelan-online.com – Keluarga Mahasiswa Teknik Kimia (KMTK) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengadakan kajian online bincang-bincang muslim dengan mengusung tema “Mahasiswa Gaul Sukses Dunia Akhirat”. Kajian tersebut membahas mengenai mahasiswa zaman sekarang yang mudah dalam bergaul dan sukses dalam urusan dunia maupun akhirat.

Kajian yang dilaksanakan secara online melalui aplikasi Google Meet yang diadakan oleh KMTK UMS dilaksanakan pada Sabtu, 26 Juni 2020 lalu, dengan menghadirkan Dosen Teknik Kimia UMS yakni Herry Purnama sebagai pembicara.

Gaul merupakan istilah kekinian yang dimana pelakunya melakukan kegiatan masa kini dan harus mengikuti trend yang sedang berkembang sekarang ini.

Zaman sekarang yang berada di era informasi semakin maju, diharapkan untuk tidak ketinggalan zaman. Kalau tidak mudah bergaul, maka akan mudah ketinggalan zaman. Hal tersebut disampaikan oleh Herry pada awal kajian online.

Herry mengatakan, dalam menyikapi persoalan tersebut cukuplah mudah karena berkaitan dengan muamalah, yakni hukumnya mubah. Menurutnya, selama tidak ada pelanggaran syariat dan tidak menyerupai orang-orang kafir, maka diperbolehkan untuk bergaul dengan seluruh elemen masyarakat.

Di akhir kajian, ia mengatakan bahwa dalam permasalahan tersebut tidak boleh dikaitkan dengan masalah ibadah atau syariat, jika ingin bergaul boleh, asalkan tidak melanggar akidah maupun melanggar larangan ibadah.

Dalam Islam, sebenarnya seorang muslim memiliki tuntunan yang diwajibkan untuk membentengi diri dan harus memiliki kepribadian yang tangguh.

Baca Juga: KOPMA UMS Adakan Serangkaian Acara KOPMA CUP di Bidang E-Sport

Dalam hal syariah maupun ibadah, sebagai seorang muslim harus memiliki prinsip. Herry mengatakan bahwa menjadi seorang pribadi muslim yang kuat dan tangguh sebenarnya ada banyak tuntunan yang perlu dikaji.

“Beberapa tuntutannya seperti akidah yang lurus, beribadah, akhlak yang kokoh, dan lain-lain,” ungkapnya dalam kajian online pada Sabtu (26/6/2020).

Dihubungi via WhatsApp, salah satu peserta kajian online, Regita Asharani, salah satu mahasiswi Teknik Kimia UMS mengatakan bahwasanya tema yang diangkat pada kajian tersebut cukup menarik. Menurutnya, materi yang diangkat juga sesuai dengan realita yang sedang terjadi saat.

“Lewat diskusi ini saya menjadi lebih mengerti dan paham cara bergaul menurut syariat Islam dan harapannya, semoga diskusi ini kedepanya mampu membawa manfaat dan mengusung tema yang menarik, mengikuti perkembangan zaman,” tutur Regita, Sabtu (26/6/2020).

Reporter         : Lina Yuniati

Editor             : Mulyani Adi Astutiatmaja

,