Adakan Penyambutan Mahasiswa Baru Secara Daring, UMS Sabet Rekor MURI

0
282

UMS, pabelan-online.com – Masa Ta’ruf (MASTA) Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2020 Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kali ini dilakukan secara daring menggunakan aplikasi Zoom dan Youtube. Karena hal tersebut, UMS mendapat piagam penghargaan dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) dengan kategori Perguruan Tinggi Pertama yang Melakukan Penyambutan Mahasiswa Baru secara Daring.

MASTA PMB daring yang diselenggarakan di Edutorium Muh. Djazman UMS pada 13 Juli lalu ini dihadiri oleh rektor dan jajaran wakil rektor, juga karyawan-karyawan yang ikut serta menyukseskan acara MASTA PMB Daring 2020. Sofyan Anif, selaku Rektor UMS memberikan sambutannya kepada para maba melalui Zoom dan streaming Youtube.

Sofyan Anif mengucapkan rasa bersyukurnya, karena dari jumlah 5.000 maba, terdapat sekitar 4.734 maba yang bisa mengikuti Masta PMB secara daring. Sofyan mengatakan, biasanya pada tahun-tahun sebelumnya MASTA PMB dilakukan sekitar akhir bulan Agustus, tetapi kali ini dimajukan jadwalnya karena sudah mendapat sekitar 5.000 maba.

“Tadi tercatat 4.700 sekian itu karena mungkin beberapa wilayah di Indonesia bagian timur kesulitan jaringan, tapi Alhamdulillah dari 5000-an maba sudah bias masuk 4.700-an,” ucapnya lega, Senin (13/7/2020).

Sri Widayati, perwakilan dari MURI yang juga ikut serta menyaksikan Grand Opening (GO) MASTA PMB Daring 2020 memberikan sambutannya, sekaligus menyampaikan bahwa UMS adalah perguruan tinggi pertama yang melakukan penyambutan maba secara daring.

Baca JugaMenakar Eksistensi Ormawa di Mata Warga Kampus

“MURI sangat mengapresiasi kegiatan ini, walaupun di masa pandemi, ternyata tidak menghalangi UMS untuk terus berkarya dan berprestasi,” ungkapnya.

Salah satu maba Progam Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI), Ria Nata mengungkapkan bahwa MASTA PMB daring ini bukanlah masalah, karena melihat kondisi pandemi saat ini.

Namun, menurutnya GO MASTA daring kemarin sangatlah terbatas, dalam percakapan pertemanan yang dirasakannya pun kurang seru karena tidak bisa bertemu langsung. “Ketika kita face to face dan bertemu orang banyak, kita akan merasakan senang karena bisa berinteraksi secara langsung,” ungkapnya pada tim Pabelan Online, Selasa (14/7/2020).

Di akhir wawancaranya, tak lupa Ria mengungkapkan rasa senang dan bangganya karena kampus pilihannya mendapatkan penghargaan dari MURI, hal tersebut menjadikannya semakin mantap dan semangat kuliah di UMS. Ia merasa tidak salah dalam memilih univeristas dan dirinya sangat bersyukur, karena Allah memberikan yang terbaik untuknya dan teman-teman maba lainnya.

Reporter         : Sulkhan Fajar Affani

Editor             : Rifqah