LPIDB UMS Gelar Grand Opening ETP 2020 Secara Virtual

0
366

UMS, pabelan-online.com – Lembaga Pengembangan Ilmu Dasar dan Bahasa (LPIDB) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar acara Grand Opening (GO) English Tutorial Program (ETP) 2020 secara virtual lewat platform YouTube milik UMS dan Zoom. Kegiatan GO ini telah dilakukan pada Rabu, 30 September 2020 yang lalu.

ETP merupakan program yang telah dirancang dengan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa baru, sehingga mereka bisa mendapatkan pengetahuan berbahasa Inggris dasar, seperti speaking dan writing.

Mohammad Thoyibi selaku Ketua LPIDB UMS mengatakan dalam sambutannya, bahwa pelaksanaan ETP saat pandemi ini akan dilaksanakan dengan menggunakan platform virtual yang sama seperti perkuliahan online. Meski demikian, waktu pelaksanaan ETP tetap sama dengan tahun-tahun sebelumnya, diadakan selama dua semester.

Lebih lanjut lagi, Thoyibi berpendapat bahwa antara ETP dan English for Academic Purpose (EAP) memiliki perbedaan dari segi tujuan. Menurutnya, tujuan ETP adalah untuk meningkatkan kemampuan produktif mahasiswa, yaitu kemampuan menulis dan berbicara. Sedangkan tujuan EAP sendiri untuk meningkatkan kemampuan reseptif, seperti kemampuan mendengar dan membaca.

Baca Juga: Tingkatkan Kemampuan Tenaga Pendidik Mahasiswa PG-PAUD UMS Melalui Acara PCMI

Meski tujuannya berbeda, ETP merupakan bagian dari EAP karena nilai ETP memiliki kontirbusi dalam mata kuliah EAP sebesar 30 persen atau setara dengan komponen tugas. “Maka dari itu, ETP ini wajib bagi para mahasiswa baru dan mahasiswa lama yang belum mengikuti ETP,” jelasnya, Rabu (30/9/2020).

Salah satu peserta GO ETP 2020 dari Program Studi (Prodi) Akuntansi UMS, Hanifah Uswatun Khasanah menanggapi kegiatan yang turut dihadiri oleh Rektor UMS, Sofyan Anif. Ia beranggapan bahwa kegiatan ini akan sangat berguna bagi mahasiswa.

Menurutnya, apabila mahasiswa dilatih untuk memiliki kemampuan berbahasa Inggris, maka akan memudahkan mereka dalam mencari pekerjaan di masa mendatang. “Semoga dengan adanya ETP ini, setelah lulus dari UMS nanti mahasiswa dapat menguasai bahasa Inggris,” harap Hanifah, Rabu (30/9/2020).

Reporter         : Mg_Dina, Mg_Azaula, Mg_Indra

Editor             : Wahyu Agustinaa