Asah Kreativitas Mahasiswa Melalui Ajang PKM Fest

0
127

UMS, pabelan-online.com– Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum (FH) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) gelar lomba Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang bertajuk PKM Fest. Ajang tersebut juga akan menjadi ajang penyaringan bagi mahasiswa yang memiliki ide-ide kreatif dan inovatif.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, PKM Fest tahun ini harus diselenggarrakan secara luring semi daring, mengingat pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang masih terus berlangsung. Lantaran harus menyelenggarakan secara luring semi daring, maka BEM FH juga melakukan penyesuaian dengan situasi dan kondisi yang ada.

Dengan sistem yang diterapkan tersebut, panitia akan memberi kebebasan kepada para peserta saat akan mempresentasikan PKM-nya. Peserta yang berhalangan hadir diperbolehkan mempresentasikan PKM-nya secara daring, sedangkan peserta yang memungkinkan hadir dianjurkan untuk mempresentasikan secara langsung hasil karyanya, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada.

Baca Juga: Insomnia

“Peserta yang masih dalam lingkup Jawa dan bisa datang ke Solo diharuskan datang dan penilaian juri pun secara luring,” ujar Bayu Nugroho selaku panitia dari PKM Fest, Kamis (9/10/2020).

Tak hanya menyelenggarakan lomba PKM, BEM FH UMS juga mengadakan seminar PKM guna menambah wawasan peserta dalam penyusunan PKM. Melalui seminar yang diadakan ini, diharapkan juga mampu mengasah nalar kritis mahasiswa dalam melihat fenomena disekitarnya. Karena tak jarang mahasiswa saat ini acuh tak acuh dengan masalah-masalah yang ada.

Haekal Abdatama, salah satu peserta acara mengaku sangat senang karena banyak mendapat pencerahan dari acara yang diselenggarakan oleh BEM FH UMS tersebut. Ia juga sangat mendukung agar pada tahun-tahun berikutnya acara seperti ini terus diadakan.

“Semoga acara PKM Fest bisa semakin menarik sehingga banyak diminati para mahasiswa dan bisa bermanfaat bagi mahasiswa,” ungkap Haekal, Sabtu (10/10/2020).

Reporter         : Anas Tasya Sekartaji

Editor             : Naufal Abdurahman Musa