Resmikan Robot SuryaMu untuk Tangani Pasien Covid-19

0
193

UMS, pabelan–online.com Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) membuat robot medis yang diberi nama “SuryaMu”, robot ini berfungsi sebagai perawat pasien Covid-19 yang ada di Rumah Sakit Pusat Kesehatan Umum (RS PKU) Muhammadiyah Surakarta. Acara launching robot tersebut berlangsung di hall Gedung Induk Siti Walidah UMS pada Sabtu, 10 Oktober 2020 lalu.

Robot yang diberi nama lengkap “Surya Iruma Ultraviolet Assistance” atau lebih dikenal dengan “SuryaMu” ini bertujuan untuk membantu tenaga kesehatan agar kontak langsung dengan pasien dapat diminimalisasi.

Cara kerjanya sama seperti dokter yang merawat pasien di rumah sakit. Namun, karena fungsinya untuk mencegah pasien dari penyebaran infeksi Covid-19, robot yang sudah digunakan untuk satu pasien akan ditempatkan di bilik khusus menggunakan sinar ultraviolet untuk menetralisir robot sebelum digunakan ke pasien lain.

Robot ini akan dihibahkan ke RS PKU Muhammadiyah Surakarta dan harapan ke depannya bisa diproduksi lebih banyak untuk rumah sakit lainnya.

Menurut Dekan Fakultas Teknik UMS, Sunarjono menuturkan bahwa robot SuryaMu mulai dibuat dari sekitar sebulan yang lalu, yang mana sebelum itu sudah dilakukan penelitian dan riset antara tim mahasiswa dengan dosen pembimbing.

Tujuan dibuatnya robot ini juga sebagai kepedulian Rektor UMS, Sofyan Anif agar UMS memiliki kontribusi di masyarakat dan perwujudan visi UMS sebagai agen perubahan.

“Mahasiswa sebetulnya sudah punya inisiatif karena memang sudah punya keahlian membangun robot, tetapi rektor secara khusus meminta kepada Fakultas Teknik untuk mendiskusikannya dan ada kontribusi riil,” tuturnya, Sabtu (10/10/2020).

Sunarjono lebih lanjut lagi menyampaikan, untuk ke depannya robot SuryaMu akan dikembangkan ke generasi kedua. Hal tersebut sudah dibicarakan dengan pihak kampus dan akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Tim mahasiswa nantinya juga akan dibentuk yang baru, dikarenakan sebagian mahasiswa telah lulus dari perkuliahan yang tentu saja tidak bisa melanjutkan proyek ke depannya.

Sependapat dengan Sunarjono, Feby Nurkalih Sulistya Putra selaku ketua tim dan juga mahasiswa dari Fakultas Teknik UMS membenarkan akan adanya generasi robot SuryaMu yang kedua.

Febi juga berterimakasih kepada semua tim yang telah membantu, termasuk pihak kampus yang telah memberi dana untuk melakukan riset dan dosen pembimbing yang membantu dalam pengerjaannya. Selain itu, dirinya juga mempersilakan mahasiswa lain untuk bergabung dengan tim pengembangan robot berikutnya.

“Harapannya buat yang sudah membantu, ilmunya dalam pembuatan robot ini bisa benar-benar diterapkan, bisa benar-benar digunakan untuk masyarakat,” harap Feby, Sabtu (10/10/2020).

Reporter         : Ikhlasul Amal

Editor              : Rio Novianto