Penanaman Pohon Sebagai Wujud Perayaan Milad UMS Ke-62

0
125

UMS, pabelan-online.com – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) tengah merayakan milad yang ke62. Dalam memeriahkan milad ke62, UMS mengadakan kerja bakti dan penanaman pohon di sekitar Edutorium UMS secara bergilir, yakni 16 sampai 23 Oktober 2020.

Kegiatan tersebut diikuti oleh warga UMS dari berbagai biro, lembaga, unit, dan fakultas. Selain penanaman pohon, diadakan juga lomba fotografi gedung Edutorium, lomba video penanaman pohon dengan protokol kesehatan, dan signage atau identitas fakultas (profil singkat fakultas yang ditempatkan di area tanam).

Penanaman pohon dibagi menjadi beberapa tim. Setiap tim terdiri dari lima peserta, dua peserta bertugas menanam, sementara satu peserta mendokumentasikan, dan yang lainnya mencari air untuk menyiram tanaman. Kegiatan tersebut harus mematuhi protokol kesehatan, seperti jaga jarak aman dan harus memakai masker.

“Edutorium adalah gedung termegah se-Jateng, jadi untuk merawatnya kita juga harus menggunakannya kembali. Harus tetap hijau dan semoga pada era pandemi ini semua bisa berprestasi,” ujar Sofyan Anif selaku Rektor UMS dalam sebuah sambutan, Sabtu (17/10/2020).

Kegiatan penanaman pohon tersebut lantas disambut antusias oleh semua peserta. Nizhar Rahman, selaku peserta mengungkapkan rasa bangganya kepada UMS dengan adanya penghijauan tersebut.

Baca Juga:KPUM UMS Umumkan Bakal Capresma dan Cawapresma untuk Pemilwa UMS 2020

Ia mengungkapkan ada rasa bangga tersendiri ketika era pandemi seperti ini masih bisa peduli lingkungan, dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan tanpa adanya kerumunan massa, serta berlangsung sangat kondusif. Kegiatan tersebut harus berlanjut ke depannya, agar tidak ada lagi polusi dan mengurangi pemanasan global.

Ismokoweni, selaku panitia divisi kerja bakti mengungkapkan bahwa Edutorium adalah gedung kebanggaan UMS dan Muhammadiyah, diharapkan semua civitas academicanya merasa memiliki, harus ada rasa menyayangi dan merawat dalam bentuk peduli lingkungan.

“Semoga dengan diadakannya kegiatan penanaman pohon tersebut, dapat menginspirasi dan memotivasi yang lain dalam hal peduli lingkungan,” harapnya, Sabtu (17/10/2020).

Reporter         : Dita Fitriawati

Editor             : Rio Novianto