Dukung Kompetensi Mahasiswa, Himakom UMS Lakukan Kunjugan Virtual Solopos

0
140

UMS, pabelan-online.com – Pelatihan penulisan dan kunjungan virtual Solopos dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Komunikasi (Himakom) Fakultas Komunikasi dan Informatika (FKI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) pada tanggal 18 Oktober 2020. Acara ini bertujuan untuk melatih mahasiswa Ilmu Komunikasi dalam upaya mendukung kompetensi sebagai Sarjana Ilmu Komunikasi.

Diawali dengan sambutan Dian Purworini, selaku Kepala Program Studi (Kaprodi) Ilmu Komunikasi, dirinya mengungkapkan bahwa Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi berharap kolaborasi antara pihak prodi dan teman-teman Solopos tetap terjaga agar bisa membangun relasi.

Sesi acara dilanjutkan Rhitma Suryandari dari pihak Solopos untuk mengenalkan dan menjelaskan tentang Solopos. Pada sesi ini diputarkan video yang berisi pemaparan kantor Solopos dan pada akhir sesi terdapat tanya jawab kepada peserta.

Ia juga menjelaskan bahwa mahasiswa Ilmu Komunikasi dapat berkesempatan untuk magang di Solopos. “Kalau ingin magang, buat surat permohonan magang dari prodi dulu, lalu dikirimkan dan ikuti alur yang disiapkan oleh pihak SDM Solopos” ujarnya, Senin (18/10/2020).

Sesi selanjutnya dipandu oleh Tika Sekar Arum, selaku Redaktur Solopos. Ia berbagi mengenai pengalamannya bekerja di media dan menjelaskan seputar menulis artikel. Dalam menjelaskan artikel, ia mengungkapkan bahwa target artikel yaitu koran, media online, dan blog.

“Menulis artikel perlu karena sebagai eksistensi diri, tangkis hoaks, mendokumentasikan gagasan, dan ladang rezeki,” jelasnya, Senin (18/10/2020)

Ia membagikan tips menulis artikel, yakni selektif memilih tema, kulakan bahan, membuat outline, mulai menulis, dan membaca kembali apa yang sudah ditulis untuk memastikan tidak gagal paham dengan tema. Pada ujung acara terdapat sesi tanya jawab kepada peserta dan panitia memberikan tugas membuat artikel kepada peserta sebagai syarat mendapatkan sertifikat pelatihan.

Ahmad Fikri, salah satu mahasiswa Ilmu Komunikasi mengungkapkan bahwa acara pelatihan tersebut menarik, karena berisi ilmu yang sangat bermanfaat sebagai bekal keterampilan dalam menulis. “Pembicaranya pun sangat berkompeten dan menarik, sehingga ilmu yang diberikan dapat dicerna dengan mudah dan tidak membingungkan,” tambahnya, Selasa (19/10/2020).

Reporter         : Nur Rohma Pujiastuti

Editor             : M. Sukma Aji