Kopma UMS Raih Juara Dua Lomba Cerdas Cermat Koperasi

0
119

UMS, pabelan-online.com – Koperasi Mahasiswa (Kopma) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil merasih juara dua Lomba Cerdas Cermat (LCC) koperasi yang diadakan di Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS).

Kegiatan LCC koperasi yang diadakan oleh UNS membawakan kabar gembira untuk kopma UMS, lantaran tim Elephant Cooperative (Elco) yang mewakili Kopma UMS di LCC koperasi berhasil mendapatkan juara dua dalam ajang tahunan yang kali ini diselenggarakan di UNS dan merupakan LCC antar koperasi mahasiswa se-Indonesia.

Dalam perlombaan tersebut, Elco Kopma UMS hanya membentuk satu tim saja. Tim yang dibentuk dan dikirimkan dalam ajang LCC kali ini terdiri dari tiga anggota, yaitu Andrean Fatharani (mahasiswa Jurusan Teknik Industri tahun 2019), Falah Akbar Isnanto (mahasiswa Jurusan Teknik Sipil tahun 2019), dan Safira Dika Maharani (mahasiswa Jurusan Akuntansi tahun 2019).

Berdasarkan penuturan Amaroh U’un Setiawan selaku Ketua Umum Kopma UMS, kegiatan LCC berlangsung pada tanggal 4 Oktober 2020 untuk tahap penyisihan dan pada tanggal 17 Oktober untuk tahap babak final.

Baca Juga: Kopma Competition 2020 Diadakan Secara Daring

Adapun dalam perlombaan tersebut, soal yang diberikan berupa soal pilihan ganda pada tahap penyisihan dan soal isian singkat pada tahap semifinal. Sedangkan, tahap finalnya sendiri berupa penyampaian argumen berdasarkan pertanyaan yang telah disediakan di amplop, kemudian setiap tim diperintahkan untuk memilih salah satu amplop tersebut.

“Tahap tersebut merupakan tahap final dengan sistem babak rebutan atau menjawab pertanyaan dengan cepat dan tepat,” jelasnya, Minggu (18/10/2020).

Muhammad Fahrun Ali, Ketua Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Kopma UMS sekaligus pelatih tim Elco mengungkapkan jika hambatan selama masa persiapan lomba adalah hambatan saat melakukan latihan, yakni kurang maksimal karena harus dibatasi lantaran adanya pandemi.

“Namun, kita juga memanfaatkannya dengan latihan secara daring, selain itu untuk latihan luring kita hampir setiap hari ke kantor guna membangun kedekatan dan kekompakan antar anggota,” ungkapnya, Minggu (18/10/2020).

Mengikuti perlombaan sendiri merupakan salah satu bentuk Progam kerja (Proker) dari Humas Kopma UMS, salah satunya dengan ikut berpartisipasi dalam kegiatan perkoperasian. Karena itu, Fahrun juga berharap jika Elco Kopma UMS dapat semakin berkembang dan bisa menjadi juara pada acara-acara selanjutnya.

Reporter         : Indah Puji Rahayu

Editor             : Akhdan Muhammad Alfawwas