Belajar Soal Islamic Leadership Bersama LDM-PM UMS

0
87

UMS, pabelan-online.com – Lembaga Dakwah Mahasiswa dan Pengabdian Masyarakat (LDM-PM) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyelenggarakan Dauroh Islamiyah 1 secara online pada Sabtu dan Minggu, 24 dan 25 Oktober 2020. Acara ini bertujuan guna membekali peserta dalam ilmu serta landasan dalam amanah berdakwah.

Dauroh Islamiyah 1 mengusung tema “Jalan Dakwah Sang Pemikul Amanah” sebagai topik pembahasan. Acara yang berlangsung lewat platform Google Meeting dan Streaming YouTube ini turut menghadirkan empat pemateri dengan membawakan materinya masing-masing.

Mas’ud Izzul Mujahid selaku pemateri menyampaikan materinya yang berhubungan dengan Islamic Leadership. Ia menjelaskan bahwa ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk mencetak pemimpin di masa depan. Menurutnya, yang pertama ialah dengan metode tilawatil quran, di mana para ulama memperkenalkan Al-Qur’an kepada generasi penerus.

Baca Juga: HMP PBSI: Tingkatkan Kreativitas Mahasiswa Lewat Ajang Pesma

Kedua ialah dengan metode tazkiyah, artinya para ulama dan orang tua pada zaman dahulu menyucikan jiwa anak-anak mereka dengan akhlak Islam serta akidah Islam yang lurus. Terakhir, dengan metode ta’limul kitab dan sunnah, yaitu para anak didik dikenalkan dan dipahamkan makna yang terkandung dalam Al-Qur’an dan Sunnah.

“Dalam Islam, kepemimpinan itu dianggap sebagai sebuah perintah dari Allah subhanahu wa taala. Menjadi pemimpin itu merupakan perintah dari Allah,” jelasnya, Sabtu (24/10/2020).

Anida Nur Ihsani, salah satu peserta Dauroh Islamiyah  1 mengatakan, bahwa dengan mengikuti kegiatan tersebut dirinya dapat menambah wawasan mengenai agama Islam. Menurut Anida, kegiatan ini dapat membuat dirinya menjadi lebih produktif dan dapat mengetahui bahwa pentingnya berada di dalam lingkungan satu frekuensi.

“Semoga setelah mengikuti kegiatan ini bisa membangkitkan semangat untuk mempelajari ilmu dalam berdakwah,” ujarnya, Minggu (25/10/2020).

Reporter         : Rika Tri Amalia

Editor             : Novali Panji Nugroho