Teknik Elektro UMS Resmi Terakreditasi A

0
167

UMS, pabelan-online.com – Program Studi (Prodi) Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) akhirnya mendapat akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT). Proses penilaian yang telah dilakukan pada 9-10 November 2020 lalu ini diadakan secara virtual.

Salah satu prodi dari Fakultas Teknik (FT) UMS membawa kabar gembira bagi seluruh keluarga besar Prodi Teknik Elektro. Di masa pandemi Corona Virus Disease-19 (Covid-19) seperti sekarang ini, Teknik Elektro berhasil meraih akreditasi A. Berdasarkan informasi dari laman resmi BAN-PT, Teknik Elektro UMS mendapat nilai 361.

Selaku Ketua Prodi Teknik Elektro UMS, Umar mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan dalam proses penilaian akreditasi kali ini. Ia mengatakan, bahwa karena masih dalam kondisi pandemi maka tim asesor dari BAN-PT melakukan visitasi secara daring. Menurutnya, penilaian secara online lebih mudah dilakukan dibanding penilaian secara offline.

Selain itu, ia mengatakan bahwa untuk pengecekan bukti fisik akreditasi lebih sedikit dilakukan pada saat online daripada offline. Proses Asesmen Lapangan (AL) secara daring ini dilaksanakan selama dua hari.

Umar mengungkapkan bahwa banyak pihak yang turut membantu dalam proses penilaian akreditasi ini, mulai dari penyusunan borang hingga AL online. Dalam penyusunan borang akreditasi, pihak prodi telah membentuk tim task force yang juga dibantu oleh mahasiswa.

“Kami juga selalu dalam bimbingan Lembaga Penjaminan Mutu (LJM) dalam melakukan penyusunan borang akreditasi,” ungkap Umar, Kamis (19/11/2020).

Salah satu mahasiswa Teknik Elektro UMS, Ahyadika Fahma yang juga turut berpartisipasi dalam kegiatan akreditasi ini merasa sangat senang karena telah menjadi bagian dari kesuksesan tim. Ia mengatakan bahwa dirinya ikut membantu tim dalam pengumpulan data dan alat yang diperlukan selama akreditasi online berlangsung.

“Saya ucapkan selamat untuk Prodi Teknik Elektro atas pencapaiannya. Semoga ke depannya bisa menjadi prodi yang lebih baik lagi dan lebih banyak diminati calon mahasiswa,” harapnya, Rabu (18/11/2020).

Reporter         : Anisa Fitri Rahmawati dan Dina Suci Ramadhani

Editor             : Novali Panji Nugroho