Terkendala Izin Kampus, Proker Lapangan UKM UMS Banyak yang Tertunda

0
126

UMS, pabelan-online.com – Beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) masih banyak terkendala dengan izin untuk kegiatan lapangan. Hal tersebut menyebabkan beberapa program kerja (proker) UKM terhambat, bahkan terpaksa ditunda.

Salah satu UKM yang terkendala izin adalah UKM Bola Voli UMS, yakni terkendala izin kegiatan di lapangan. Irgi Putra Affandi, selaku ketua UKM tersebut mengungkapkan bahwa Bola Voli UMS belum bisa menggunakan fasilitas kampus untuk latihan, karena pihak kampus belum mengizinkan kegiatan luring yang melibatkan banyak orang.

Meski demikian, kegiatan UKM Bola Voli masih tetap mengadakan latihan di luar kampus bagi mahasiswa yang baru mendaftar di UKM tersebut. Irgi berharap, setelah pandemi berakhir proker-proker yang terhambat agar bisa segera terlaksana seperti semula.

“Dan Bola Voli UMS dapat menyelenggarakan berbagai kompetisi atau kegiatan lainnya,” ujar Irgi, Senin (23/11/2020).

Baca Juga: Teknik Elektro UMS Resmi Terakreditasi A

Senada dengan UKM Bola Voli UMS, kendala izin untuk kegiatan lapangan juga dialami oleh UKM Hizbul Wathan UMS. Miladia Nur Syahida, selaku ketua kafilah putri Hizbul Wathan UMS mengatakan ada proker yang harus dilakukan di lapangan, salah satunya tanam pohon untuk memperingati hari pohon sedunia. Namun, karena pihak kampus tidak mengizinkan, kegiatan yang seharusnya dilaksanakan pada 21 November tersebut tidak dapat terlaksana.

“Kemarin kita sempat ditolak juga saat meminta izin untuk kegiatan lapangan, dengan alasan memang kampus belum berani memberikan perizinan untuk kegiatan di luar,” Ucap Mila, Senin (23/11/2020).

Satu-satunya proker lapangan Hizbul Wathan UMS yang diizinkan pihak kampus selama pandemi ini hanya Diklat Kepemimpinan. Mila tidak mengetahui alasan pihak kampus yang mengizinkan kegiatan diklat tersebut, padahal kegiatan lapangan lainnya dilarang. Namun demikian, kegiatan Diklat Kepemimpinan tetap dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Semoga ke depanya pihak kampus lebih baik lagi, sering-sering mendengarkan aspirasi UKM khususnya dan mahasiswa lain pada umumnya,” tambahnya, Senin (23/11/2020).

Reporter         : Ikhlasul Amal

Editor             : Rifqah